Disbun Kolut Integrasi Usaha Ternak dan Pertanian – Kendari Pos
Kolaka Utara

Disbun Kolut Integrasi Usaha Ternak dan Pertanian

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) akan menerapkan sistem integrasi pertanian dan peternakan tahun 2020 mendatang. Sejumlah lahan perkebunan kakao maupun persawahan akan diintegrasikan dengan usaha peternakan. Jenis hewan ternak yang akan dikembangkan yakni ayam dan kambing.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolut, Ismail Mustafa mengatakan akan mengintegrasi usaha peternakan ayam dan kambing dengan pertanian. Untuk ayam, jenis petelur dan ayam kampung yang akan dikembangkan. Dananya telah dialokasikan di APBD tahun depan. “Ternak ini dikandangkan di sawah atau kebun dan kotorannya juga digunakan sebagai pupuk tanaman mereka,” ucapnya.

Untuk permulaan, pengembangbiakan hewan ternak masih skala kecil. Namun pihaknya berencana menyiapkan puluhan ekor per kelompok penerima untuk dikembangkan di wilayahnya. “Bisa 4-5 kelompok namun masing-masing kurang dari seratus,” ujarnya. Sementara itu, untuk jenis ternak lainnya berupa kambing, Disbun akan bermohon ke pusat yang diadakan melalui APBN.

Jumlahnya tentu sesuai yang disalurkan kementerian dan pihaknya berharap bisa direalisasikan 2020 mendatang. Program integrasi itu kata dia bagian dari upaya meminimalisir kebutuhan pupuk dengan menyiapkan penyubur alternatif di lingkungan itu sendiri. “Contohnya kotoran kambing, tentu baik digunakan memupuk tanaman kakao petani. Jadi dikandangkan di kebun agar makanan mudah di dapatkan dan kotorannya dihasilkan di kebun itu sendiri. Keuntungannya, tanaman subur dan ternak juga berkembang,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy