Dirut Kendari Pos : Generasi Milenial Lokomotif Pengembangan Budaya – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Dirut Kendari Pos : Generasi Milenial Lokomotif Pengembangan Budaya

Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin (kemeja hitam, acungkan jempol) bersama peserta Siswa Mengenal Sultra (SMS) di aula Hotel Dragon Inn Kendari, Selasa (26/11). Para pelajar mendapat materi tentang budaya Sultra hingga materi jurnalistik.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai orang tua, Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin punya kegelisahan sosial melihat anak-anak muda kekinian yang cenderung “terjebak” dalam media sosial. Sebab, berdampak buruk dalam interaksi sosial. Bahkan, ada kecenderungan kaum milenial jauh dari budaya lokal.

“Generasi kekinian sekan menjadi anti interaksi sosial karena media sosial. Sehingga cenderung membentuk karakter yang egois yang disebabkan jarang berinteraksi dengan sesamanya. Contoh saat bermain game, lalu diajak mengobrol, justru langsung marah. Sikap seperti ini harus dilawan agar bisa melangkah maju jauh ke depan,” ujarnya kepada peserta Siswa Mengenal Sultra (SMS)2019 di Hotel Dragon Inn, Selasa (26/11).

Irwan Zainuddin menyampaikan “gizi” motivasi kepada peserta SMS dalam pengembangan karakter siswa menjadi insan yang cinta budaya. Irwan Zainuddin mengatakan, generasi milenial harus punya empat hal untuk tumbuh dan berkembang dalam frame kearifan lokal.

Pertama, akhlak akar budaya yang mumpuni.Kedua anak milenial harus disiplin. Ketiga, punya kemampuan manajemen yang baik, dan keempat mencintai kearifan lokal, mulai dari tradisi daerah hingga pangan lokal. Nah, ini semua harus dimiliki generasi milenial. “Jangan hilangkan akar budaya kita. Jangan malu menggunakan bahasa daerah. Tata krama budaya timur harus dipertahankan,” ungkap Irwan Zainuddin.

Menurutnya, generasi milenial memang tidak bisa lepas dari teknologi dan informasi (TI), namun harus tetap berpegang teghuh pada empat pokok yang dijelaskannya. “Kita berada dalam ruangan ini, tapi kita juga bisa mengakses informasi atau peristiwa di belahan dunia melalui gadget (gawai). Itu menunjukan bahwa generasi ini sangat milenial dan paham TI. Namun jangan lupa, kalian harus menjadi lokomotif pengembangan budaya daerah kita,” tandasnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy