Dewan Konut Gagas Jalan Poros Penghubung Tiga Kabupaten – Kendari Pos
Konawe Utara

Dewan Konut Gagas Jalan Poros Penghubung Tiga Kabupaten

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk membuka keterisolasian daerah, DPRD Konawe Utara (Konut) mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra membangun jalur penghubung. Ada dua jalur yang telah digagas. Jalur ini akan menghubungkan Konut, Konawe dan Kolaka Utara (Kolut). Yakni jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Motui, Konut dan Kecamatan Toronipa Konawe dan jalan poros Asemi-Nunulai menuju Kolut. Gagasan ini telah dikonsultasikan ke Dinas Bina Marga Sultra.

“Dari hasil konsultasi kami pada Dinas Bina Marga provinsi, ada tiga ruas jalan yang kami usulkan untuk diprogramkan. Yakni poros Motui-Toronipa, Asemi Nunulai, Kolut dan poros Lasolo-Wawotobi,”ujar Sekretaris Komisi II DPRD Konut, Safrin.

Hasil kunjungan legislator Konut pada Dinas Bina Marga cukup direspon positif oleh dinas teknis provinsi. Usulan itupun sudah bagian utama yang akan diprogramkan oleh Pemrov Sultra melalui Dinas Bina Marga Sultra. “Alhamndulillah, hasil konsul kami menjadi catatan penting bagi dinas untuk diprogramkan nanti pada 2020,”ujar politisi Golkar itu.

Ketua DPC Partai Golkar menjelaskan, konsultasi yang dilakukan tidak hanya berkutat pada intansi teknis. Melainkan perwakilan DPRD Sultra juga turut disampaikan untuk bersama memperjuangkan jalan-jalan yang digagas. “Kami juga berkonsultasi pada anggota DPR RI yang membidang sarana dan prasarana untuk turut membantu memperjuangkan ruas jalan yang sedang digagas untuk direalisasikan,”ujar Safrin.

Dia menambahkan dengan adanya poros jalan yang digagas tersebut tentunya akan berimplikasi positif terhadap peningkatan ekonomi warga. Tentunya potenis ekonomi baru akan hadir bila sarana jalan yang digagas terealisasi. “Termasuk akan memangkas durasi waktu perjalanan, yang tadinya Konut-Kendari menyita waktu 3-4 jam bisa ditemput hanya 1-2 jam. Bila ruas jalan poros Motui dan Toronipa terbangun. Begitupun dengan poros Asemi Nunulai-Kolaka Utara,”pungkasnya. (b/min)

Jalan Pengubung Tiga Kabupaten
-Ruas Jalan Motui, Konut dan Toronipa Konawe
-Poros Penghubung Asemi-Nunulai menuju Kolut
-Telah Dikonsultasikan ke Dinas Bina Marga Sultra

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy