Bupati Muna Garap Pengembangan Bisnis Kelor – Kendari Pos
Muna

Bupati Muna Garap Pengembangan Bisnis Kelor

KENDARIPOS.CO.ID — Tanaman kelor bakal menjadi garapan serius Pemkab Muna untuk dikembangkan. Sejumlah investor mulai tertarik dan siap menampung produksi sayuran lokal ini. Atas dasar itu, Pemkab kini mulai melakukan pendataan potensi hasil kelor untuk menjadi bahan presentasi kepada pelaku pasar.

Bupati Muna LM. Rusman Emba mengungkapkan, daun kelor diproyeksikan menjadi hasil bumi andalan baru otoritanya. Menurutnya, daun kelor cukup menjanjikan untuk diekspor ke berbagai negara. Ia meminta kesempatan ini dijadikan peluang bagi para petani. “Kelor sudah mulai dilirik, sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkan peluang ini,” jelasnya.

Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, Anwar Agigi mengaku sudah mulai melakukan pendataan luasan lahan dan potensi riil daun kelor. Sosialisasi sudah mulai dilakukan di Kecamatan Duruka dan Lohia. Proses pendataan melibatkan penyuluh pertanian dan kelompok majelis taklim. “Pendataan baru mau dilakukan karena selama ini belum tersentuh. Kita baru mulai di Lohia, Duruka dan Watuputih serta Kontunaga” jelasnya.

Ia menerangkan komoditas kelor tergolong sangat mudah dijumpai di Muna. Masyarakat sudah menjadikannya sebagai sayur utama yang dikonsumsi hampir setiap hari. Tanaman kelor tumbuh disetiap rumah warga. Tidak sulit untuk mengembangkan kelor menjadi komoditi bisnis. “Pasar sudah ada. Terakhir kami komunikasi dengan penadah di Blora, Jawa Tengah,” urainya.

Kelor sendiri dapat diolah menjadi tepung untuk bahan utama pembuat kue. Bahkan di luar negeri sedang menjadi komoditi baru yang mulai digemari. Untuk proyeksi pengembangan, masyarakat bisa menjadikannya tanaman utama yang ditanam diladang. Rencanya, setelah pendataan selesai, Pemkab akan menggelar temu bisnis kelor. “Kita akan paparkan peluang dan potensi supaya petani dan pembeli punya data yang akurat,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy