Bupati Butur Resmikan Toko Oleh-oleh Wakawondu di Kelurahan Bende – Kendari Pos
Metro Kendari

Bupati Butur Resmikan Toko Oleh-oleh Wakawondu di Kelurahan Bende

KENDARIPOS.CO.ID — Pangsa pasar pangan organik Buton Utara (Butur) sangat potensial. Di beberapa event nasional maupun internasional, produk unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Butur kerap diburu pengunjung untuk dijadikan buah tangan atau oleh-oleh. Teranyar di pameran event Hari Pangan Sedunia (HPS) di Kota Kendari. Tak heran, Bupati Butur, Abu Hasan begitu getol mengenalkan produk pangan organik.

Untuk lebih memudahkan konsumen, Pemkab Butur telah membuka Toko oleh-oleh Wakawondu di Kota Kendari. Toko yang menjual produk khas Butur ini berada di jalan Sao-Sao Kelurahan Bende Kecamatan Kadia. Sabtu (9/11) lalu, Bupati Butur, Abu Hasan resmi membuka Toko Oleh-oleh Wakawondu.

Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan (kemeja batik merah) turut melayani pembeli yang berkujung ke Toko Oleh-oleh Wakawondu di jalan Sao-Sao Kelurahan Bende Kecamatan Kadia, Kota Kendari.

Bupati Butur, Abu Hasan berharap, keberadaan toko menyuguhkan pangan organik membawa Lipu Tinadeakono Sara semakin terkenal. Tidak hanya itu, ini bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Butur. “Petani Butur tak lagi susah jika ingin memasarkan hasil pertanian atau perkebunan,” ujar Abu Hasan. Toko Wakawondu kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sultra ini, merupakan binaan dari Koperasi Syariah Bina Insan Cita Indonesia. “Jika ingin mencari hasil hasil pertanian, perkebunan perikanan dan kelautan di Butur. Silahkan ke toko Wakawondu,” tandasnya.

Mantan Kepala Biro Humas dan PDE Setprov Sultra ini menambahkan adanya toko atau koperasi tersebut diharapkan UMKM dapat menjadi roda penggerak ekonomi di Sultra. Sebab, selama ini UMKM tak begitu diberdayakan. “Toko ini hadir dari kumpulan orang-orang yang peduli dengan pengembangan ekonomi masyatakat dalam bentuk industri-industri rumah tangga. Ini yang menyediakan sarana dan prasarananya adalah Pemda,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy