BRI Cabang By Pass Kendari Latih 100 UMKM di Sultra – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

BRI Cabang By Pass Kendari Latih 100 UMKM di Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam rangka memperingati HUT BRI ke 124 pada 16 Desember mendatang, BRI menggelar program peduli 10 ribu UMKM secara nasional. Program ini juga digalakkan ke setiap cabang di daerah. Salah satunya BRI Kendari Cabang By Pass, mendapat giliran memberikan pelatihan kepada 100 UMKM di daerah ini, acara tersebut berlangsung, Kamis (14/11) di Swissbel Hotel Kendari.

Pemimpin Cabang BRI Kendari By Pass, Wicaksono Hendiko Putro menyatakan, kegiatan ini dilakukan serentak di Indonesia dan harus rampung sebelum 16 Desember mendatang. Mereka yang mengikuti pelatihan diharapkan dapat menjadi motor penggerak UMKM ke depan. Untuk itu dalam pelatihan diberikan pemahaman tentang pengelolaan usaha, baik secara pembukuan hingga pemasarannya. “Mereka merupakan UMKM yang belum tersentuh pembiayaan dari BRI. Setelah pelatihan ini , tentunya mereka kami harapkan bisa bermitra dan usahanya akan lebih maju,” terangnya.

Pemimpin Cabang BRI Kendari By Pass, Wicaksono Hendiko Putro, bersama Dr.Arifudin Mas’ud, dihadapan 100 peserta pelatihan.

Menurut pria yang sudah menjabat sebagai kepala cabang di beberapa daerah ini, mengaku BRI merupakan bank milik rakyat kecil.Untuk itu pemanfaatannya tentunya harus menyentuh rakyat. Apalagi keberadaan UMKM selalu menopang perekonomian, terbukti saat krisis moneter melanda, mereka tetap bertahan. “Untuk itu BRI sebagai bank nya ‘wong cilik’, akan terus berkomitmen mebiayai sektor kecil demi kemajuan negeri ini,” paparnya.

Untuk menopang sektor ekonomi mikro kecil, Bank BRI kini menurunkan bunga kredit usaha rakyat (KUR). Yakni yang sebelumnya 7 persen saat ini turun menjadi 6 persen, demikian plafonya yang dulu minimal pinjaman Rp 25 juta kini Rp 50 juta. Di tahun 2018 penyaluran KUR di Sultra mencapai Rp 1,6 Triliun, demikian di tahun 2020 tentunya akan ada peningkatan kuota. “Semua ini sebagai bukti keinginan BRI untuk menopang sektor UMKM. Besar harapan kami bila peserta pelatihan kali ini akan menjadi embrio kemajuan dimasa mendatang,” harapnya.

Pemimpin Cabang BRI Kendari By Pass, Wicaksono Hendiko Putro, bersama Dr.Arifudin Mas’ud, dihadapan 100 peserta pelatihan.

Kegiatan ini juga memberikan materi pembukuan akutansi sederhana oleh Dr.Arifudin Mas’ud, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo. Dimana para peserta pelatihan diberikan cara membuat neraca dan kiat mudah mengelola keuangan secara benar dalam berusaha.

Pelatihan ini juga menghadirkan praktisi usaha sukses Rahman Rahim, yang memiliki banyak usaha. Dihadirkan pula pihak dari Tokopedia, untuk memberikan edukasi tentang memasarkan produk secara online. Kegiatan ini juga dibuka oleh Kabid UMKM Dinas Koperasi Kota Kendari, Edi.S.Sos. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy