BPKAD Bombana Pantau Pemasangan Alat Perekam Pajak – Kendari Pos
Bombana

BPKAD Bombana Pantau Pemasangan Alat Perekam Pajak

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai bagian dari transparansi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana mulai memasang alat perekam pajak di sejumlah hotel dan rumah makan. Dengan pemasangan alat itu, penerimaan daerah melalui sektor pajak lebih efektif. Pasalnya, dananya yang masuk ke kas daerah bisa terpantau. Di satu sisi, pemasangan ini memutus mata rantai praktek “pungli”.

Untuk tahap awal, sebanyak 36 hotel plus rumah makan yang dilakukan pemasangan. Proses pemasangan alat dipantau langsung Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bombana, Darwin Ismail dan Direktur Bank Sultra cabang Bombana, Mohammad Ali Imron.

Kepala BPKAD Bombana, Darwin Ismail (empat dari kiri) saat memantau pemasangan alat perekam pajak kemarin. Untuk tahap awal, sebanyak 36 hotel plus rumah makan yang dilakukan pemasangan.

Kepala BPKAD Bombana, Darwin Ismail mengatakan pemasangan alat ini untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan penertiban pembayaran pajak. Para pelaku usaha dapat langsung membayar pajak. “Pemasangan ini dilakukan untuk menertibkan wajib pajak, salah satunya kepada konsumen hotel dan rumah makan. Setiap transasksi akan dikenakan potongan pajak 10 persen. Pemasangan alat ini bagian dari keterbukaan Pemkab Bombana maupun wajib pajak,” katanya di sela-sela pemantuan pemasangan alat perekam pajak kemarin.

Penerapan sistem ini kata dia, merujuk pada Perda Perhotelan nomor 1 tahun 2012 dan Undang-undang (UU) nomor 28 tahun 2009. Tak hanya itu, pemungutan pajak kepada pengunjung atau tamu hotel juga berdasarakan Perbub nomor 39 Tahun 2019 tentang pembayaran dan pemungutan pajak berbasis daring atau online. ” Jadi pungutan yang kami lakukan ini berdasarkan aturan yang ada. Dan pihak Wapun pajak wajib membantu pemerintah untuk melakukan itu, dengan tujuan peningkatan daerah,” paparnya.

Direktur Bank Sultra cabang Bombana, Mohammad Ali Imron mengapresiasi program Pemkab dalam mengoptimalisasi pendapatan daerah. Untuk mendukung program tersebut, pihak akan memberikan fasilitas penyediaan alat perekam tersebut. “Sebelumnya Bank Sultra telah melakukan MoU dengan Pemerintah Provinsi dan seluruh Kabupaten dan Kota, untuk mendukung kegiatan tersebut. Dan kami yang menyediakan alatnya, juga kami siapkan juga operator yang standby bila terjadi masalah dengan alat tersebut. Pastinya untuk peningkatan pendapatan dan pembangunan Bombana, Bank Sultra siap mendukung,” tutupnya. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy