BI Optimis Perekonomian Sultra Membaik – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

BI Optimis Perekonomian Sultra Membaik

Suharman Tabrani

KENDARIPOS.CO.ID — Meski perekonomian Sultra pada pada triwulan III tumbuh melambat, yakni hanya 6,2 persen (yoy), Bank Indonesia (BI) perwakilan Sultra optimis perekonomian ditriwulan berikutnya bisa membaik. Deputi Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sultra, Suharman Tabrani memperkirakan, perekonomian Sultra akan mengalami peningkatan laju pertumbuhan.
Dari sisi penawaran, kata Suharman, peningkatan laju pertumbuhan ekonomi didukung oleh akselerasi kinerja hampir seluruh lapangan usaha utama kecuali lapangan usaha pertambangan. Misalnya saja akselerasi pertumbuhan lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan dyang duperkirakan meningkat disebabkan oleh peningkatan produksi perikanan seiring dengan kondisi gelombang yang lebih kondusif serta peningkatan produksi hasil pertanian karena dukungan cuaca pada masa panen.
Peningkatan produksi pada lapangan usaha tersebut, lanjut Suharman, diproyeksikan akan meningkatkan ketersediaan bahan baku untuk mendorong kinerja lapangan usaha industri pengolahan makanan dan minuman.
Selanjutnya, adanya peningkatan produksi pada smelter di Sultra juga diperkirakan akan turut mendorong peningkatan kinerja lapangan usaha industri pengolahan. Berikutnya, kata Suharman, target penyelesaian pembangunan Jembatan Teluk Kendari dan dimulainya pekerjaan lapangan pada 3 tiga mega proyek yang diinisiasi pada triwulan sebelumnya akan mendorong kinerja lapangan usaha konstruksi.
“Kinerja pada lapangan usaha perdagangan besar dan eceran juga akan terakselerasi sejalan dengan penyelenggaraan beberapa event besar di Sultra serta Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) dan libur akhir tahun,” bebernya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy