Berinovasi Profesional dan Integritas Suatu Keharusan, Oleh : Prof. Hanna – Kendari Pos
Kolom

Berinovasi Profesional dan Integritas Suatu Keharusan, Oleh : Prof. Hanna

Prof Hanna

KENDARIPOS.CO.ID — Saat Nadiem Makarim dilantik menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) banyak yang meragukan kemampuannya memimpin lembaga yang di dalamnya terdiri dari pakar dan ahli. Ia hanya diam dan tersenyum sambil berkata saat ini saya hanya mendengar.

Ibarat bayi yang hanya mampu mendengar dan menangis, yang memaknai hanyalah ibunya. Ibarat anak yang mulai proses belajar bahasa melalui natural approach, ia hanya mendengar dan mendengar, yang memaknai adalah gurunya. Namun saat sudah mendengar lalu mampu memahami maksud orang-orang maka bayi itu akan berekspresi dan berinovasi melalui caranya sendiri.

Hasil diam Mendikbud Nadiem Makarim telah membuat kejutan yang mampu mengubah paradigma birokrasi dalam sambutannya pada hari guru nasional (HGN), 25 November 2019. Pidatonya singkat, padat dan penuh makna.

Ia membela guru yang terlalu banyak dibebani tugas-tugas adminstrasi ketimbang proses belajarnya. Ia membela hak-hak peserta didik yang belum diakomodir sang guru karena beban administrasi. Ia ingin guru berinovasi memajukan mutu pendidikan, dan ia meyakinkan seluruh masyarakat Indonesia bahwa pendidikan akan mengalami perubahan, membawa anak didik Indonesia mendunia.

Pidatonya sangat luar biasa. Para guru dan peserta upacara terkesima. Seakan-akan mereka berkata kita sambut kemerdekaan pendidikan yang jelas. Para guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah pun ramai-ramai memeriahkan hari guru dengan cara berekpresi. Demikian juga para siswa beramai-ramai merayakan hari guru dengan caranya sendiri sebagai tanda cinta pada gurunya. Hari ini adalah hari kemenangan pendidikan menuju pendidikan yang lebih berinovasi, menjadikan generasi muda Indonesia maju untuk memimpin peradaban dunia melalui guru yang profesional.

Selama ini, HGN hanya menjadi sebuah seremonial tanpa ada perbaikan signifikan terhadap persoalan terkait guru. UU RI Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen mengisyaratkan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy