Berdayakan Nelayan Lokal, DKP Sultra Luncurkan Program PAAP – Kendari Pos
Muna

Berdayakan Nelayan Lokal, DKP Sultra Luncurkan Program PAAP

Ilustrasi Nelayan

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sultra bersama Rare, organisasi internasional yang konsen pada konservasi sumber daya kelautan menggelar sosialisasi program Pengelolaan Akses Area Perikanan di Raha. Menghadirkan para nelayan dan pegiat kelautan, sosialisasi digelar untuk memaparkan konsep pemberdayaan masyarakat pesisir dalam upaya melestarikan sumber daya perikanan.

Kepala Bidang Kelautan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sultra, Yoni menuturkan, program PAAP merupakan konsep baru yang ditawarkan kepada para neyalan. Konsep itu memberi peran besar pada nelayan lokal untuk mengelola dan merawat kawasan laut sebagai sumber pencaharian utama dengan tetap menjaga kelestariannya. Program itu berdasarkan usulan nelayan selama ini yang mengeluh karena hasil tangkapan ikan menurun akibat praktik ilegal fishing maupun sulitnya regulasi usaha perikanan.

“Sekarang sifat pengelolaanya sudah berbasis pemberdayaan. Nelayan setempat diberi keleluasaan mengelola laut karena memang mereka yang paham kondisi sekitar,” jelasnya.

Ia menekankan, PAAP dilaksanakan dengan sistem zonasi. Zonasi PAAP ditentukan berdasarkan koordinat yang diambil DKP. Selanjutnya, zonasi itu dibahas oleh masyarakat nelayan untuk pembagian area tangkap. Setiap area akan diberi penanda alam agar wilayah pencarian ikan menjadi terkoodinir setiap kelompok.

“Jadi para nelayan akan membentuk kelompok berbadan hukum seperti koperasi yang akan diserahkan satu kawasan pencarian ikan. Mereka akan mengelola itu dengan tetap menjaga kelestariannya,” ungkapnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy