Berantas Pungli di Kecamatan ! Tugas ASN Layani Warga, Jangan Kasih Duit – Kendari Pos
Metro Kendari

Berantas Pungli di Kecamatan ! Tugas ASN Layani Warga, Jangan Kasih Duit

KENDARIPOS.CO.ID — Tim Sapu Bersih Pengutan Liar (Saberpungli) Kota Kendari terus menggalakan aksi pemberantasan pungli. Selasa (12/11) di Kantor Kecamatan Baruga, Inspektorat Kendari mengedukasi seluruh camat dan lurah tentang dampak pungli dan cara melaporkan dugaan pungli. Kepala Inspektorat Kendari, Syafruddin mengatakan, pungli sudah membudaya karena terus berulang, padahal nilainya tidak seberapa. Karena itu, pihaknya akan mulai memberantas budaya itu dari tingkat kecamatan, kelurahan dan sekolah.

“Kalau dilihat satu sisi, pungli ini bisa berasal dari masyarakat. Karena adanya budaya memberikan uang dengan alasan terima kasih. Padahal itu tidak boleh, kalau terimakasih cukup ucapkan dengan bahasa yang baik, tidak bisa memberikan uang diluar ketentuan. Sudah tugas ASN melayani masyarakat,” terangnya.

Kepala Inspektorat Kendari Syafruddin memberikan banner anti pungli kepada empat perwakilan kecamatan.

Ia mengimbau masyarakat melaporkan jika melihat atau mengalami pungli. Kini setiap kecamatan sudah terpasang banner anti pungli, tertera nomor telepon yang bisa dihubungi jika melihat pungli. “Jika masyarakat mrngalami pungli, tinggal melaporkan, sebut siapa yang pungut, berapa jumlahnya, kapan dan dimana, nanti UPP yang menentukan apakah itu masuk kategori pungli atau bukan,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Perwakilan Ombudsman Sultra, Mastri Susilo. Menurutnya, untuk memberantas pungli di bidang pelayanan publik, hal yang paling dasar bisa dilakukan adalah atasan memberi keteladanan, karena biasanya bawahan belajar dari atasannya. “Berilah keteladanan kepada unit kerja di tempat kita memimpin. Pelayanan publik tidak bisa berjalan baik jika tidak menjalankan mekanisme sesuai SOP, maka semua pelanan publik harus ada mekanisme, dan harus dipublikasikan, sehingga tidak ada pembicaraan di belakang meja,” tandasnya. (hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy