Bawaslu Konut Bersiap Awasi Pilkada – Kendari Pos
Politik

Bawaslu Konut Bersiap Awasi Pilkada

Hartian

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Konawe Utara (Konut) saat ini sedang mencari 39 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam). Kepentingan rekrutmen tersebut untuk mengawasi tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Konut tahun 2020 nanti. Koordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Konut, Hartian, mengatakan, pendaftaran Panwascam secara terbuka sudah disosialisasikan sejak tanggal 6-12 November. Pengumuman pendaftaran mulai dilakukan sejak tanggal 13 dan berakhir pada tanggal 26 November.
“Idealnya anggota Panwasam sebanyak tiga orang. Jadi untuk Konut yang terdiri dari 13 kecamatan berarti sebanyak 39 orang,” rinci Ketua Pokja Pembentukan Panwascam pada Pilkada 2020 tersebut. Hartian menjelaskan perekrutan anggota Panwasam berdasarkan UU nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU nomor 1 tahun 2014 terkait pemilihan gubernur, bupati dan wali kota.
Menurut Hartian, ada beberapa persyaratan bagi calon Panwascam. Usia minimal berusia 25 tahun. Pendaftar minimal SLTA sederajat yang dibuktikan dengan ijazah bersangkutan yang mendapatkan legalisir sekolah setempat. “Untuk lebih jelasnya, bagi masyarakat Konut yang ingin bergabung sebagai anggota Panwascam bisa berkonsultasi langsung dengan datang pada kantor Bawaslu Konut,”ujarnya.
Nantinya, 39 anggota Panwascam yang direkrut akan mengawasi tahapan Pilkada Konut yang diselenggarakan oleh KPU setempat. Mulai dari proses hingga akhir pemilihan kepala daerah. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy