Bamsoet Langgar Komitmen Bila Tetap Maju Caketum Golkar – Kendari Pos
Nasional

Bamsoet Langgar Komitmen Bila Tetap Maju Caketum Golkar

Bamsoet

KENDARIPOS.CO.ID — KPK bakal memantau penyelengaraan Munas Golkar pada awal Desember mendatang. Forum yang menentukan arah kebijakan dan ketua umum Golkar selama lima tahun mendatang itu dikhawatirkan jadi ajang bagi-bagi uang yang melibatkan penyelenggara negara.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, pihaknya selalu mendengar isu politik uang di setiap munas partai politik. KPK baru akan bertindak jika ada penyelenggara negara yang main politik
uang saat munas.

“Kalau tak ada penyelenggara negara di situ, itu di luar kompetensi kami (KPK). Tetapi kenapa itu jadi perhatian kami? Karena memang cenderungnya mereka penyelenggara negara, inkumben juga penyelenggara negara,” kata Saut saat dikonfirmasi, Kamis (28/11).

Menurut Saut, dari berbagai penindakan kasus, muncul suara-suara kalau uang hasil korupsi antara lain digunakan untuk mendapatkan pengaruh atau mendukung penyelenggaraan munas.
Kalau si pemberi adalah penyelenggara negara, maka KPK akan bertindak. “Makanya itu menjadi perhatian kita, bagaimana kita perhatikan itu supaya isu transaksional tidak terjadi,” ujar Saut.

Saut merahasiakan cara KPK mengawasi penyelenggaraan munas. Dia hanya memastikan KPK selalu punya cara untuk melihat siapa yang berpotensi melakukan politik transaksional.”Kami memperhatikan itu semua, karena itu kewajiban kami. Ketika dia penyelenggara negara, kewajiban kami untuk menjaga tetap berintegritas, untuk menjaga dia tidak melakukan politik transaksional,” kata dia.

Fungsionaris DPP Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) mengungkapkan komitmen antara ketua umumnya, Airlangga Hartarto dengan Bambang Soesatyo alias Bamsoet. AGK menuturkan, berdasar komitmen itu Bamsoet menyodorkan sejumlah pendukungnya untuk menempati posisi strategis.

Kader Golkar yang juga menteri perindustrian itu mengatakan, Bamsoet dalam kesepakatan dengan Airlangga menitipkan tiga pendukungnya menempati posisi strategis. Di luar itu, kata AGK menambahkan, Bamsoet dalam pembicaraan dengan ketua Koordinator Bidang Perempuan, Pemuda, dan Inovasi Sosial DPP Golkar itu juga menitipkan dua pendukungnya. “Yang dua lagi tambahan langsung dari Pak Bamsoet kepada saya melalui telepon. Jadi cuma lima yang dititipkan,” ucap Agus di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (28/11).

Hanya saja, Agus enggan membuka nama lima pendukung Bamsoet yang dititipkan kepada Airlangga. “Kalau saya buka sebegini, nanti kelompok BS pecah,” ujar AGK.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy