ASN Diminta Gunakan Septic Tank Standar – Kendari Pos
Metro Kendari

ASN Diminta Gunakan Septic Tank Standar

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari berupaya mencegah pencemaran lingkungan akibat septic tank yang buruk. Karena itu, rumah-rumah penduduk diimbau menggunakan septic tank standar agar terbebas dari masalah lingkungan. Penerapan septic tank standar tersebut akan dimulai dari rumah aparatur sipil negara (ASN).

Sekretaris Kota Kendari, Hj. Nahwa Umar meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) mendata ASN, apakah menggunakan septic tank standar sanitasi atau belum. Program sanitasi ini, ia ingin memulai dari para abdi negara. “Jadi tim Pokja yang bertugas harus mendata dan mengecek, apakah rumah ASN sudah sesuai dengan aturan pembuangan atau tidak. Hasilnya dicatat, lalu dilaporkan,” pinta Nahwa saat memimpin rapat Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP), Rabu (6/11/2019).

Untuk masyarakat non PNS golongan ekonomi menengah ke bawah, pihaknya akan berupaya melakukan pengadaan tangki septic dengan anggaran melalui APBD. “Kita bisa adakan bertahap, kita urut setiap kelurahan, kita data kira-kira sampai lima rumah tangga. Supaya program ini ada tahapannya dan bisa kita capai. Sehingga dalam kurun waktu sekian tahun masyarakat Kendari bisa terbebas dari masalah pencemaran lingkungan akibat septic tersebut”, terangnya.

Nahwa Umar

Ia berharap, PPSP itu dibahas secara tuntas sehingga diketahui apa yang mesti dilakukan. Karenanya, harus ada data kongkrit masyarakat terkait septic tank. Apalagi mayoritas warga Kendari masih menggunakan air sumur bor. Ketika septic tank tidak bagus, itu akan mencemari air sumur di sekitarnya. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top