ASN dan Kades Harus Tetap Netral ! – Kendari Pos
Politik

ASN dan Kades Harus Tetap Netral !

Abang Saputra Laliasa

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) kembali memberi penegasan pada para Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI, Polri hingga Kepala Desa (Kades). Mereka diminta tetap bersikap netral dan profesional dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 mendatang yang tahapannya sudah dimulai tahun ini.
Divisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Koltim, Abang Saputra Laliasa, menjelaskan, sejak tahapan Pilkada dimulai 1 Oktober 2019 lalu, maka para ASN, TNI, Polri dan Kades tidak bisa menyatakan dirinya mendukung salah satu kandidat bupati dan wakil bupati. Larangan itu telah diatur pada pasal 71 undang-undang nomor 10 tahun 2016.
“Bawaslu sudah mengirim surat imbauan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim bahkan sampai ke tingkat 12 kecamatan. Kami minta, marilah menjaga netralitas pemilihan kepala daerah tahun 2020 khususnya di Koltim sehingga kita dapat menghasilkan pemimpin yang amanah. Bagi para ASN, jangan melibatkan diri atau dilibatkan dalam politik praktis. Mari mematuhi rambu-rambu serta aturan yang berlaku,” papar Abang Saputra, panjang lebar, Selasa (12/11).
Ia mengaku, saat ini Bawaslu dan pihak KPU sedang menjalankan tahapan sosialisasi calon perseorangan. “Kami selalu dilibatkan dan bekerja sama dengan KPU Koltim,” imbuhnya. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy