Anggaran Perbaikan Jalan Provinsi Dikurangi, Kadis Bina Marga Sultra : Yang Rusak Hanya 250 Km – Kendari Pos
Metro Kendari

Anggaran Perbaikan Jalan Provinsi Dikurangi, Kadis Bina Marga Sultra : Yang Rusak Hanya 250 Km

KENDARIPOS.CO.ID — Jalan yang berstatus provinsi akan diaspal secara bertahap. Dalam APBD 2020 senilai Rp 375 miliar diperuntukan untuk membenahi jalan-jalan provinsi yang rusak tersebar di Kabupaten Muna, Buton Utara, Buton, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan dan beberapa lainnya.

Jalan Provinsi di Muna

Plt Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Provinsi Sultra, Abdul Rahim mengungkapkan ada beberapa ruas jalan yang diaspal tahun ini, tetapi belum selesai. Jadi pengaspalan dilanjutkan lagi tahun 2020 mendatang. “Contohnya di Kabupaten Muna, pengaspalan jalan Wakuru belum selesai tahun ini, tahun depan baru lanjut lagi. Begitu pula di daerah lain,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, dalam ABPD 2020, duit untuk mengaspal jalan provinsi sebesar Rp 375 miliar. Angka itu lebih sedikit dibanding tahun 2019 yang mencapai Rp 500 miliar. Dengan keterbatasan anggaran bukan berarti Pemprov melupakan tanggungjawabnya. Semua akan mendapatkan perhatian. Namun akan dilakukan secara bertahap.

Jalan Provinsi di Muna

Kata Abdul Rahim, pihaknya tidak melupakan pembangunan yang sudah menjadi tanggungjawab pemerintah. Dari 1.009 kilometer yang terdiri dari 52 ruas jalan, 75 persen jalan provinsi dalam keadaan baik. Hanya 25 persen rusak dan bahkan rusak parah. “Artinya 250 kilometer jalan yang rusak. Kita juga membutuhkan anggaran yang sangat besar untuk membenahinya. Karena itu dilakukan bertahap,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Sultra La Ode Tariala mengungkapkan, masih ada sejumlah ruas jalan yang berada dalam kondisi rusak parah. “Kondisi jalan di Lapoa dan di Poli-polia sangat memprihatinkan. Kita akan mengawasi semua program pembangunan pemerintah khususnya terkait pembangunan jalan. Ada perbedaan antara data yang dimiliki dengan fakta di lapangan,” tuturnya saat ditemui di DPRD Sultra. Politisi NasDem berharap pemerintah dalam menentukan arah kebijakan pembangunan, terlebih dahulu melihat skala prioritas. Kebutuhan masyarakat itu harus menjadi prioritas pembangunan. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy