Anggaran 72 Paket Terancam tak Dicairkan, Kepala BPKAD : Kalau Kontruksi Sudah Terlambat – Kendari Pos
Metro Kendari

Anggaran 72 Paket Terancam tak Dicairkan, Kepala BPKAD : Kalau Kontruksi Sudah Terlambat

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 72 dari 494 paket pengadaan yang telah dilelang dan didanai dengan APBD 2019 belum terkontrak. Itu sesuai data yang tertera dalam sistem aplikasi lelang Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah per Oktober lalu. Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra menilai 72 proyek itu sangat terlambat sebab waktu pengerjaan dan pencairan anggaran sudah mepet.

“Iya, memang sangat terlambat. Ini sudah bulan November. Pertanyaannya kapan dikontrak, kapan dikerja, dan kapan pencairan. Misalnya dikontrak hari ini atau besok, itu sudah pas 30 hari dengan batas pencairan, makanya menurut saya itu waktunya sudah sangat sempit,” ungkap Kepala BPKAD Sultra Hj. Isma.

Isma belum berani menyebut 72 paket itu sudah gagal kontrak. Terkadang kata dia, ada kegiatan yang hanya butuh waktu 2 minggu untuk menyelesaikannya. Misalnya pengadaan interior kantor seperti meja kursi. “Saya sudah sampaikan ke inspektorat juga tadi setelah baca di Kendari Pos datanya itu kan. Kepala Inspektorat Pak Gusti bilang, kalau paket itu kontruksi maka sudah tidak ada waktu untuk kerja,” lanjutnya.

Sehingga jika benar gagal, maka anggaran 72 paket itu dipastikan tidak bisa dikeluarkan dari kas daerah alias tidak terpakai. “Kalau tidak cair berarti jadi silpa, dan nanti dimasukan lagi di APBD Perubahan 2020. Karena APBD induk sudah ditetapkan, jelas tidak bisa lagi,” kata mantan PJ Sekprov Sultra ini.

Gagal tender itu akan berdampak pula pada angka realisasi anggaran tahun 2019 ini. Isma mengaku tak tahu total anggaran akumulasi dari 72 proyek itu, namun ia menyakini nilainnya cukup besar. Terpisah, Kepala BPBJP Sultra Rony Yacob La Ute mengatakan dari 72 paket itu ada beberapa konstruksi. Hanya saja ia tak rinci menyebut apa dan berapa anggaran kegiatannya. “Pastinya ada konstruksi. Tapi menurut pejabat pembuat komitmen (PPK) masih terkejar,” singkatnya. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top