Abu Hasan Serahkan Raperda APBD 2020 – Laman 2 – Kendari Pos
Buton Utara

Abu Hasan Serahkan Raperda APBD 2020

“Dalam postur APBD, rancangan belanja pemerintah terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp 367,03 miliar dan belanja langsung sebesar Rp 323,33 miliar. Sementara pembiayaan daerah terdiri dari penerimaan pembiayaan daerah sebesar Rp 5 miliar dan pengeluaran pembiayaan daerah sebesar Rp 3 miliar,” jelas Abu Hasan kemarin.

Pada tahun 2020, Pemkab berupaya menekan tingkat kemisikinan dan pengangguran terbuka. Berdasarkan data, tingkat kemiskinan sebesar 14,5 persen dan pengangguran terbuka 1,43 persen yang dianggap masih tergolong tinggi. Makanya, visi dan misi program kerja pemerintah tahun depan tetap fokus pada kesejahteraan dan perbaikan pelayanan kepada masyarakat.

Mantan Kepala Biro Organisasi Setprov Sultra berharap proses pembahasan APBD tuntas sesuai jadwal. Pasalnya, deadline pembahasan satu bulan sebelum tahun anggaran atau paling lambat 30 November harus segera ditetapkan.

APBD kata dia, merupakan instrumen perencanaan dan penganggaran pedoman pelaksanaan program dalam nota keuangan APBD terjadi pergeseran model pendekatan dalam penganggaran, dari money follow fungtion ke money follow program. “Artinya, sistem penganggaran lebih menekankan pada capaian hasil kinerja dari pengalokasian anggaran, sehingga indikator capaian kinerja menjadi fokus utama dalam distribusi anggaran di setiap organisasi perangkat daerah,” ujar Abu Hasan. (c/had)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy