8 Ribu Peserta Karnaval Budaya Meriahkan Wakatobi Wave, Arhawi Raih Penghargaan – Kendari Pos
Wakatobi

8 Ribu Peserta Karnaval Budaya Meriahkan Wakatobi Wave, Arhawi Raih Penghargaan

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah expo industri ekonomi kreatif, kini pembukaan Wakatobi Wonderfull Festival and Expo (Wakatobi Wave) yang dimulai. Bupati Wakatobi, Arhawi membuka festival berskala nasional itu di Pelataran Marina Togo Mowondu, Kecamatan Wangi-Wangi, Senin (11/11). Festival dimeriahkan sekira 8.000 ribuan peserta karnaval. Tema karnaval bernuansa budaya lokal Wakatobi.

Arhawi mengatakan Wakatobi Wave menjadi keunggulan pariwisata Wakatobi. Tema yang diangkat mengenai kemaritiman dan kearifan lokal tentu sejalan dengan visi Pemkab Wakatobi yakni menuju Wakatobi Maritim yang berdaya saing. Budaya lokal yang ditampilkan dalam Wakatobi Wave menjadi penopang kekuatan pariwisata di Wakatobi.

“Alhamdulilah, Wakatobi Wave yang kelima kali ini kita laksanakan lagi. Kita mengangkat tema budaya lokal dan kemaritiman apalagi Wakatobi ini merupakan kabupaten maritim,” ujar Arhawi. Deputi Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Risky Handayani terpukau dengan penampilan sejumlah atraksi budaya hingga penampilan tari kolosal dari empat pulau besar di Wakatobi.

Bupati Wakatobi, Arhawi (kanan), Deputi Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Risky Handayani (tengah) dan Asisten II Setda Pemprov Sultra, Suharno (kiri) menabuh gendang menandai pembukaan Wakatobi Wave.

“Saya sangat suka dengan tari-tariannya yang cukup bagus dan atraksi budayanya. Kita berharap Wakatobi Wave bisa menjadi potensi budaya yang akan semakin meningkatkan pariwisata Wakatobi. Ini juga merupakan pidato pertama saya sambil menikmati keindahan sunset Wakatobi yang luar biasa,” ujarnya.

Seperti biasa ribuan peserta karnaval turut memeriahkan Wakatobi Wave tahun ini. Jumlah peserta karnaval sekira 8.000 orang yang merupakan perwakilan dari empat pulau besar di Wakatobi, utusan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Wakatobi, delapan kecamatan, tenaga pendidik dan peserta didik, 100 desa dan kelurahan, perbankan hingga instansi vertikal di Kabupaten Wakatobi.

Selain karnaval, penampilan sebanyak 35 konsoda’a pada pembukaan Wakatobi Wave kali ini juga cukup mencuri perhatian pengunjung. Tak hanya itu, tarian kolosal menyuguhkan 500 penari yang menampilkan Tari Lariangi, Tari Eja-eja, Tari Balumpa dan Tari Lengko serta Tari Kreasi juga membuat takjub penonton.

Festival terbesar di Wakatobi ini juga merupakan agenda yang menyatukan masyarakat dari empat pulau besar di Wakatobi. Dalam acara itu, Bupati Wakatobi Arhawi dianugerahi penghargaan dari Lembaga Kebudayaan Indonesia sebagai pembina seni budaya dan pariwisata daerah. (thy/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy