494 Proyek Pemprov Sudah Dilelang, 72 Persiapan Kontrak, 12 Gagal – Kendari Pos
Metro Kendari

494 Proyek Pemprov Sudah Dilelang, 72 Persiapan Kontrak, 12 Gagal

KENDARIPOS.CO.ID — Realiasai proyek di lingkup Pemprov tahun ini terus dimaksimalkan. Selama Januari-Oktober, 494 paket proyek telah dilelang dengan nilai Rp 975 miliar. Dari jumlah itu, 422 paket telah dikontrak dan 72 paket masih tahap persiapan kontrak dengan pemenang tender.

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (BPBJP) Sultra Rony Yacob La Ute, mengatakan semua proyek tahun ini telah dilelang. Hanya saja, masih ada beberapa proyek yang belum terkontrak. Jumlahnya mencapai 72 paket dengan nilai Rp 61 miliar. Menurutnya, 72 paket itu saat ini masih proses persiapan dokumen kontrak. Sebagian juga telah siap diteken. Sayangnya, mantan Pj. Bupati Mubar itu tak merinci proyek mana saja yang telat kontrak itu. Yang pastinya, dia menegaskan jika proyek-proyek itu sudah mepet dari deadline proses tender. “Kita harus segera selesaikan, kan ini sudah akhir tahun,” tambahnya.

Sementara itu, 12 paket dipastikan gagal kontrak, satu lainnya gagal tender. 12 paket itu terdiri dari 7 paket yang melekat di Dinas Kehutanan dan 5 di Dinas Perikanan dan Kelautan. Sedangkan 1 paket gagal tender milik Dinas Ketahanan Pangan. Rony Yacob menjelaskan, gagal kontrak itu disebabkan oleh beberapa hal.

Pertama paket yang ditawarkan ke masyarakat atau pengusaha itu tidak dapat dipenuhi persyaratannya sesuai dengan yang diajukan oleh pejabat pembuat komitmen. Kedua, Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) telat ajukan tender sehingga kehabisan waktu untuk diproses. Ketiga, persyaratan teknis juga terlambat diajukan pusat utamanya untuk paket yang bersumber dari DAK . Keempat, adanya mutasi tak terduga pejabat penandatangan kontrak sehingga menghambat proses tender. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top