37 Koperasi di Baubau Kantongi Sertifikat Kementrian – Kendari Pos
Bau-bau

37 Koperasi di Baubau Kantongi Sertifikat Kementrian

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan koperasi di Kota Baubau cukup banyak. Berdasarkan data yang tercatat di Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) setempat, total koperasi yang ada di Baubau sekira 200 koperasi. Namun dari jumlah itu hanya 46 koperasi yang dinilai aktif melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Dari jumlah itu, 37 diantaranya telah mendapatkan sertifikat dari Kemeterian Koperasi dan UKM.

“Koperasi yang kita anggap sehat dengan rutin melakukan RAT dua atau tiga tahun berturut kita ajukan untuk mendapatkan setifikat kemetrian. Saat ini, sudah ada 37 koperasi yang tercatat memiliki sertifikat itu. Tujuh koperasi sementara kita ajukan. Sementara sisanya lagi belum, karena pengajuanya secara bertahap,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau, Yakub saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (14/11)

Sertifikat kementrian sambungnya, penting dimiliki oleh koperasi. Sebab semua itu menjadi dasar pengajuan bantuan bagi pengembangan usaha koperasi. “Sertifikat itu menjadi rujukan untuk mendapatkan bantuan. Apakah berupa suntikan dana atau hal lain yang berkaitan dengan pengembangan koperasi baik dari Kemetrian, Provinsi maupun Kabupaten/Kota,” terangnya.

Ilustrasi

“Selain itu, koperasi yang memiliki sertifikat juga akan terdaftara di online data sistem ODS yang ada di Kemetrian Koperasi. Artinya koperasi yang bersangkutan dianggap sudah mampu melaksanakan kegiatanya dengan baik dan melaksanakan aturan RAT setiap tahunnya,” sambung mantan Kepala Bagian (Kabag) Umum Sekretariat Daerah Kota Baubau.

Sebenarnya, dari 200 koperasi yang tercatat di Dinas Koperasi yang beroperasi sekira 132 koperasi. Hanya saja, jumlah itu tidak semua melaksanakan RAT yang menjadi syarat aktifnya sebuah koperasi. “Yang melakukan RAT setiap tahuan itu baru sekira 46 koperasi,” tutupnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy