2.020 Sultra Rencana Bangun Lima Jembatan Timbang – Kendari Pos
Metro Kendari

2.020 Sultra Rencana Bangun Lima Jembatan Timbang

KENDARIPOS.CO.ID — Idealnya jembatan timbang tersedia di setiap pelabuhan penyeberangan dan jalan yang dilintasi kendaraan berbobot berat. Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina, mengatakan Sultra masih kekurangan jembatan timbang. Saat ini jembatan timbang ada di Kecamatan Sabilambo, Kolaka, namun tak beroperasi secara optimal dan butuh perbaikan.

Lalu, Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra juga memasang jembatan tersebut di Pelabuhan Feri Kendari-Langara, tapi masih jembatan timbang portable. ” Nah pemasangan jembatan timbang portable di Pelabuhan Kendari-Langara bersifat darurat. Beban kendaraan maksimal 10 ton, kalau lewat dilarang naik kapal. Itu menjaga infrastruktur agar tidak mudah rusak,” ujarnya kepada Kendari Pos.

Mantan Pj Wali Kota Baubau ini menuturkan, setiap simpul transportasi di pelabuhan harusnya memiliki jembatan timbang. Jumlah pelabuhan di Sultra sebanyak 70. Untuk membangun jembatan timbang, kata dia, saat ini terkendala dengan anggaran. “Masalah utama memang di pendanaan,”sambungnya. Sementara itu, Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf mengtatakan, ia telah meminta dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan lima jembatan timbang di Sultra. Sebab, kendaraan bertonase besar di Sultra meningkat seiring geliat aktivitas pertambangan dan perekomian Sultra.

Ilustrasi

Jika tidak diimbangi dengan pembangunan jembatan timbang, lanjut dia, pengawasan terhadap ruas jalan mustahil bisa maksimal. Tahun 2020 mendatang, pihaknya akan membangun jembatan timbang di lima lokasi yaitu di Desa Abelisawa, Desa Lalowaru, Desa Oko-oko, Desa Walasiho dan Keluraha Pure. Sementara yang di Sabilambo akan direlokasi.

“Kebutuhan anggaran masing-masing jembatan timbang baru sekira Rp 30 miliar. Jadi total keseluruhan Rp 150 miliar. Tapi kami belum tahu berapa anggaran yang akan diberikan pemerintah pusat,” ucapnya. Saat ini, ia sementara komunikasi dengan pemerintah daerah, manakala ada lahan yang bisa dihibahkan ke pemerintah pusat untuk dijadikan lokasi strategis pembangunan jembatan timbang. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy