126 Stand Meriahkan Pameran HPS, Tenun Kendari Digemari Pengunjung – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

126 Stand Meriahkan Pameran HPS, Tenun Kendari Digemari Pengunjung

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 126 stand ramaikan pameran Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di eks MTQ Kota Kendari. Stand tersebut berjajar memamerkan beragam keunggulan masing-masing. Sesuai data pada papan informasi HPS, stand terdiri tiga dari kementerian yaitu Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sementara itu untuk provinsi ada 30, kemudian kabupaten 50. Lalu kota 17 serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN), badan usaha milik daerah (BUMD), instansi vertikal dan perusahaan swasta ada 26. “Mari kita sukseskan bersama HPS di Sultra,” kata Gubernur Ali Mazi.

Suasana pameran HPS di Kota Kendari.

Sementara itu, pantauan kendaripos.co.id, Stand Kota Kendari banyak didatangi pengunjung dari provinsi lain. Salah satu yang menarik perhatian yaitu kain tenun motif Tolaki. “Saya memang datang ke pameran untuk mencari kain tenun daerah Kendari. Saya senang dengan kain dan motifnya,” ujar Yanti, warga Kalimantan.

Kain tenun dengan motif Tolaki memang merupakan salah satu primadona kain tenun khas Sulawesi Tenggara. Hingga saat ini tradisi menenun masih berkembang karena kecintaan masyarakatnya terhadap kain tradisional tersebut.

Motif yang cukup terkenal di masyarakat tolaki adalah ragam hias mua. Motif ini biasanya menggunakan warna jingga muda, kelabu, biru laut, kuning susu, hijau lumut, dan merah samar. Selain itu digunakan juga benang emas yang membentuk motif garis halus dan kesan bunga kecil. Kain tenun bercorak biasa disebut sebagai kain coraj hujan panas karena adanya kesan berkilat yang disebabkan adanya benang emas. Jika benang emas membentuk garis lurus maka disebut sebagai tenun/songket selit. “Senang bisa beli kain tenunannya,” katanya.

Untuk diketahui pameran HPS resmi dibuka oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Sabtu (2/11/2019). Seremoni pembukaan dilakukan dengan pengguntingan pita. (imn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy