Waspada Suhu Panas Ekstrem di Sultra – Kendari Pos
Metro Kendari

Waspada Suhu Panas Ekstrem di Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Anomali cuaca juga terjadi di Kota Kendari. Panas menyengat saat siang hari akibat matahari berada dekat dengan jalur khatulistiwa. Suhu udara tertinggi di Kendari mencapai 37 derajat celcius. Kasie observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Kendari, Adi Istiyono mengatakan, dalam beberapa hari kedepan potensi suhu terik akan melanda Kendari dan sekitarnya. Sebab posisi semu matahari masih akan berlanjut ke wilayah selatan Indonesia. Selain itu, kondisi atmosfer yang masih cukup kering sehingga potensi awan yang bisa menghalangi terik matahari juga sangat kecil pertumbuhannya.

“Oktober ini untuk posisi matahari memang terus bergerak semu ke wilayah selatan Indonesia. Jadi, banyak suhu panas di Indonesia salah satunya di Sultra, tetapi tidak sampai memicu adanya gelombang panas sebab suhu maksimum di Kota Kendari hanya mencapai 37 derajat celcius. Walaupun ini sudah terbilang ekstrim, sebab normalnya 34-35 derajat celcius,” bebernya.

Panas saat ini hanya akibat pergerakan semu matahari yang posisinya tepat di wilayah selatan Indonesia. Kedua faktor georgafi atau tutupan lahan suatu tempat. Seperti di wilayah Kendari yang minim lahan terbuka hijau. Radiasi yang diterima tidak sepenuhnya ditangkap oleh tanaman sehingga panas tak dapat diredam. Ia mengimbau masyarakat menjaga kesehatan saat suhu udara tinggi. Minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi, mengenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari jika beraktivitas di luar ruangan, gunakan masker pelindung debu. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy