Wagub Dorong ASN Manfaatkan Teknologi – Kendari Pos
Metro Kendari

Wagub Dorong ASN Manfaatkan Teknologi

KENDARIPOS.CO.ID — Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Lukman Abunawas, meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov memanfaatkan teknologi di era 4.0. Peradaban saat ini, teknologi menjadi sangat berkembang. Menurutnya, bila hanya berdiam diri, maka akan sangat tertinggal dengan daerah lain. Apalagi pemerintah pusat telah menetapkan era 4.0 melingkupi semua kegiatan baik secara nasional maupun daerah.

Lukman mengatakan, tujuan penggunaan teknologi atau informasi tekonologi (IT) yang maksimal perlu dilakukan. Bagaimana mengkomunikasikan program-program. Di mana sebelumnya mungkin masih ada sekat yang tak diketahui. Tapi dengan kecanggihan dan pemanfaatan teknologi, maka informasi lebih cepat dan tepat. “Saya kira ini sangat bermanfaat, apalagi kaitannya dengan percepatan pembangunan dan diperlukan oleh masyarakat,” imbuh mantan bupati Konawe dua periode itu.

Lukman Abunawas

Hanya saja, kata dia, pemanfaatan teknologi juga perlu diatur. Sebab dengan kemajuan peradaban, etika berbicara perlu lebih dikontrol. Apalagi menyangkut persoalan publik. Apalagi saat ini kita berada di era globalisasi, yang terbuka dan transparan. Jangan sembarang memuat hal-hal yang menyudutkan atau hal yang secara perspektif,” ungkap.

Mantan Ketua KONI Sultra ini menjelaskan, dalam mengeluarkan pendapat harus beretika dan mengggunakan bahasa yang santun. Pemanfaatan teknologi jangan sampai memicu perpecahan, manfaatkan teknologi untuk mewujudkan kedamaian. Dengan pemanfaatan IT, kata dia, sejumlah teman-teman ASN mendapat teguran terkait etika penggunaan teknologi.

“Tidak boleh membuat opini menyinggung seseorang, terus merasa berhasil memberi opini publik. Tapi bagaimana kita mengedukasi masyarakat akan pemanfaatan teknologi ini dengan tujuan yang lebih efektif dan efisien. Serta tepat sasaran tanpa mengabaikan etika dan kesantunan kita,”tuturnya. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy