UPT Perpustakaan Dorong Dosen Hasilkan Buku – Kendari Pos
Edukasi

UPT Perpustakaan Dorong Dosen Hasilkan Buku

Dr. Ashadi L. Diab, MA., M.Hum (dua dari kanan), saat merilis bukunya. (HUMAS IAIN KENDARI FOR KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, terus mendorong seluruh dosen yang ada dilingkup kampus keagamaan terbesar di Sulawesi Tenggara tersebut, untuk terus berkarya melalui tulisan yang bisa dijadikan referensi untuk bahan ajar di institusi pimpinan Prof. Dr. Faizah Binti Awad tersebut, melalui UPT Perpustakaan dengan menghelat Bedah Buku.

Bedah buku yang diselenggarakan oleh UPT Perpustakaan IAIN Kendari ini bertujuan memberikan prespektif yang berbeda dari narasumber, baik dari aspek fiqihnya maupun aspek hukum positifnya sehingga menambah khazanah keilmuan yang saling bersinergi.

Salah satu Dosen IAIN Kendari, Dr. Ashadi L. Diab, MA., M.Hum., yang merilis buku berjudul Maqashid Kesehatan dan Etika Medis dalam Islam tersebut. Buku ini berisi penjelasan mengenai prinsip utama hukum Islam dalam bidang kesehatan yang dapat menjadi referensi etika paramedis dalam menjalankan profesinya. Memberikan prespektif yang berbeda dari narasumber, baik dari aspek fiqihnya maupun aspek hukum positifnya sehingga menambah khazanah keilmuan yang saling bersinergi.

Menurut Ashadi, buku yang ditulisnya ini menjelaskan lima hal dalam hukum Islam yang patut dijaga dalam praktik perawatan kesehatan antara lain agama, nafsu, akal dan jiwa, nasab atau keturunan serta menjaga harta. Paramedis harus memastikan bahwa dalam menjalankan profesinya mampu menjaga kelima hal tersebut.

“Salah satu contoh yang hal yang harus dipegang teguh paramedis adalah menjaga diri dari nafsu apabila menghadapi pasien lawan jenis. Dorongan nafsu akan tetap ada akan tetapi harus dikendalikan dan tidak boleh melanggar hak-hak pasien apalagi sampai melecehkan. Inilah alasan ditetapkannya maqashid kesehatan dalam Islam,” paparnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy