Uber Penunggak Royalti, Pemprov Sultra Gandeng Kejati Tagih Piutang Rp.233 M – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Uber Penunggak Royalti, Pemprov Sultra Gandeng Kejati Tagih Piutang Rp.233 M

Piutang royalti dari para pemilik IUP mencapai Rp.304 miliar. Piutang itu sudah ada sejak tahun 2008 namun yang baru dilunasi sekira Rp.71 miliar. Plt.Kepala Dinas ESDM Sultra, Buhardiman (di podium) saat memaparkan soal royalti dalam acara rekonsiliasi piutang PNBP, Rabu (9/10).

KENDARIPOS.CO.ID — Selama 10 tahun, tunggakan royalti para pengeruk mineral di Sultra mencapai ratusan miliar rupiah. Pemerintah Provinsi Sultra mengidentifikasi sekira Rp.233 miliar tunggakan royalti para korporasi pertambangan.

Para pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) hanya mengeruk kekayaan alam Sultra namun abai soal urusan kewajiban kepada negara. Gubernur Sultra, Ali Mazi pun gusar dengan tunggakan pemilik IUP.

Ali Mazi menerbitkan surat “sakti” bernama Surat Keterangan Khusus (SKK) dan menggandeng Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra untuk mengejar para penunggak royalti. Penagihan piutang royalti itu bukan perkara mudah, mengingat belum semua pemilik IUP memindahkan kantor pusatnya di Sultra.

Plt. Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra, Buhardiman mengatakan sejak tahun 2008 sampai 2018 piutang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp.304 miliar. Tahun 2019 ini, baru sekira Rp.71 miliar yang dilunasi para penunggak. Itu artinya, masih sekira Rp.233 miliar yang belum masuk ke kas negara. “Nah Rp.233 miliar ini masih kita kejar terus. Karena ini hak negara dan kewajiban mereka (pemilik IUP) sesuai dengan tata aturan pengelolaan pertambangan,” kata Buhardiman saat ditemui usai acara rekonsiliasi piutang PNPB Mineral dan Batubara oleh Kementerian ESDM di Hotel Claro Kendari, Rabu (9/10).

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy