Tito Karnavian Diberhentikan, Ari Dono Plt Kapolri – Kendari Pos
Nasional

Tito Karnavian Diberhentikan, Ari Dono Plt Kapolri

Ketua DPR RI, Puan maharani didampingi Wakil Ketua DPR RI, Rachmad Gobel, Azis Syamsuddin dan Sufmi Dasco Ahmad memimpin rapat persidangan paripurna pertama periode 2019-2024 di Nusantara II, Senayan, Jakarta Selasa (22/10). Agenda rapat membahas tentang penyampaian bidang tugas pimpinan DPR, penetapan jumlah komis-komisi, penetapan pimpinan dan anggota Alat Kelengkapan Dewan (AKD) serta penyampaian surat mengundurkan diri Tito Karnavian sebagai Kapolri.

KENDARIPOS.CO.ID — Rapat Paripurna DPR RI menyetujui usulan Presiden Joko Widodo untuk memberhentikan Jenderal Pol Tito Karnavian dari jabatan Kapolri. Dengan pemberhentian itu, Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri. Ini setelah Tito mengundurkan diri karena akan menjadi menteri di kabinet Jokowi – Ma’ruf Amin.

“Presiden sudah sampaikan yang akan menjadi Pelaksana Tugas adalah Wakapolri sampai ditentukan lagi siapa pengganti Kapolri,” ujar Ketua DPR RI Puan Maharani di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10).

Surat Presiden yang meminta persetujuan pemberhentian Kapolri telah disampaikan dalam rapat paripurna. Puan akan membalas Surat Presiden itu sesuai mekanisme yang berlaku. Menurutnya, pemberhentian Tito sebagai Kapolri agar yang bersangkutan mampu menjalankan tugas-tugas kementerian dan tidak rangkap jabatan. Selain itu, pimpinan DPR juga telah menerima surat pengunduran diri Tito.

Permintaan pengunduran diri Tito tersebut sesuai surat Presiden nomor R51 tanggal 21 Oktober 2019 perihal permintaan pemberhentian Kapolri. Hal ini, lanjutnya, sesuai dengan ketentuan ayat 1 dan 2 UU No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian RI. Dimana, ayat 1 Kapolri diangkat dan diberhentikan oleh Presiden dengan persetujuan DPR.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy