Tingkatkan SDM, Dispar Buton Gelar Pelatihan – Kendari Pos
Buton

Tingkatkan SDM, Dispar Buton Gelar Pelatihan

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton dalam mengembangkan kepariwisataan cukup besar. Selain melakukan promosi melalui pagelaran budaya, pemerintah juga fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) . Upaya ini bagian dari kesiapan Pemkab untuk mengembangkan wisata Buton.

Sebagai upaya pengembangan SDM, Dinas Pariwisata (Dispar) Buton menggelar pelatihan tata kelola destinasi wisata. Pelatihan yang diikuti 150 peserta ini menghadirkan pemateri dari Association of the Indonesian ours and Travel AgenciesAssociation of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Dispar Sultra dan perwakilan wisatawan mancanegara (Wisman), Mr Anre, asal Austaria.

Sekretaris Dinas Pariwisata Buton, Rusdi Nudi mengatakan Buton memiliki destinasi wisata menarik salah satunya di Wabula. Agar bisa dikelola dengan baik, masyarakat perlu diberi pemahaman tentang standar kepariwisataan yang harus dipenuhi. Untuk itulah, pihaknya berinisiatif menggelat pelatihan ini.

“Kegiatan ini telah berlangsung sejak tanggal 14 Oktober dan akan berakhir hari ini (kemarin). Selama pelatihan, peserta diberikan materi tentang kepariwisataan. Pak bupati Buton, La Bakri turut hadir membuka kegiatan sekaligus memberikan pengarahan<” kata Rusdi Nudi, Rabu (16/10).

Adapun materi yang diterima oleh peserta sambungnya, diantaranya pengelolaan homestay penunjang destinasi wisata, pola perjalanan wisata dalam paket wisata dan standar pelayanan wisatawan. Ia berharap pelatihan ini mampu memberi pemahaman dan semangat peserta dan pelaku wisata tentang pengelolaan destinasi pariwisata berbasis masyarakat, sehingga mampu memberikan layanan sesuai standar pariwisata.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top