Tingkatkan Kompetensi Santri, Kemenag Sultra Helat Pospeda VIII – Kendari Pos
Edukasi

Tingkatkan Kompetensi Santri, Kemenag Sultra Helat Pospeda VIII

Kakanwil Kemenag Sultra, Dr. H. Abdul Kadir (enam dari kiri) foto bersama usai membuka Pospeda VIII, di MAN 1 Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sultra menyelenggarakan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Daerah (Pospeda) Sultra ke VIII. Event yang diikuti seluruh pensatren di Sultra ini, diharapkan dapat meningkatkan minat kompetensi para santri di bidang olahraga dan seni untuk lebih profesional.

Ajang tiga tahunan ini, bakal diikuti ratusan santri di Sultra. Kali ini, mengangkat tema “Mengokohkan Karakter, Sportivitas, Kebersamaan dan Budaya untuk Kejayaan Negeri”. Kakanwil Kemenag Sultra, Dr. H. Abdul Kadir mengungkapkan, Pospeda Sultra VIII 2019 ini merupakan ajang kompetisi guna memberi ruang bagi para santri untuk mengekspresikan kemampuan mereka di bidang seni dan olah raga. “Kita memberi ruang dan kesempatan pada santri dan santriwati yang ada di Ponpes untuk menyalurkan atau mengekspresikan sejumlah bakat yang dimiliki yang selama tidak mendapatkan perhatian yang medai.” ucapnya saat membuka Pospeda VIII di Aula MAN 1 Kendari, Sabtu malam (28/9) lalu.

Kegiatan Pospeda merupakan ajang pembuktian untuk mengubah paradigma terkait image masyarakat yang menganggap bahwa santri dari pondok pesantren hanya mampu mengaji dan baca doa. Dirinya juga menyebut bahwa ajang ini merupakan wahana unjuk gigi dan uji ketangkasan pada bidang seni dan olahraga. “Mengubah image bahwa setiap kali menyebut pondok identik hanya bisa mengaji dan baca doa. Apa yang menjadi kekhawatiran para santri bisa unjuk gigi dan uji ketangkasan pada olahraga dan seni.” Jelasnya.

Alumni dari Ponpes Ummusshabri ini juga mengingatkan kepada seluruh peserta, yang akan bertanding supaya menjaga sikap sportivitas serta tidak melakukan tindakan emosi yang bisa memperkeruh semangat persatuan dan kesatuan serta menghilangkan semangat silaturahim. Sekaligus juga pesan kepada dewan hakim agar memberikan penilaian yang objektif, sehingga dihasilkan juara-juara yang nantikan dapat mewakili Sulawesi Tenggara di tingkat nasional. “Saya harap semua santri untuk bertanding secara sportif, dan untuk dewan hakim saya mohon agar dapat memberikan penilaian secara objektif,” pesannya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy