Tiga Puskesmas di Konawe tak Miliki Dokter – Kendari Pos
Konawe

Tiga Puskesmas di Konawe tak Miliki Dokter

KENDARIPOS.CO.ID — Penambahan tenaga medis utamanya dokter pada puskesmas di Konawe masih perlu dilakukan. Dari 29 puskesmas di Konawe, pemenuhan tenaga dokter belum baru diisi oleh 31 dokter. Idealnya, satu puskesmas harusnya diisi minimal dua dokter. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe, Mawar Taligana mengatakan ketentuan pengisian formasi itu merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas. Dalam setiap puskesmas minimal harus ada dua dokter yang rinciannya satu dokter umum dan satu dokter gigi. Namun di Konawe, pemenuhan satu puskesmas satu dokter saja dirasa masih kurang.

“Bahkan kita ada tiga puskesmas yang sama sekali tidak punya dokter. Yakni puskesmas Abuki, Morosi dan puskesmas Laosu. Hanya puskesmas Unaaha dan Wawotobi yang sudah tercukupi diisi oleh dua tenaga dokter,” ujar Mawar Taligana, Kamis (10/10) ditemui di kantornya.

Ilustrasi dokter saat memeriksa pasien.

Guna memenuhi kekurangan tenaga dokter di setiap puskesmas, Mawar Taligana menyebut, pihaknya telah mengajukan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Konawe untuk memporsikan jatah dokter pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) tahun ini. Ia mengaku, diawal tahun 2019 telah mengusulkan ke BKD Konawe supaya ada penambahan sekira 20 tenaga dokter.

Harapannya, permintaan yang mereka ajukan bisa terakomodir sehingga fungsi pelayanan medis di setiap puskesmas bisa berjalan dengan baik.”Kami belum tahu berapa jatah yang diberikan. Semuanya tergantung pusat. Seingat saya, penerimaan CPNSD pada tahun lalu kita dapat kuota 15 dokter. Delapan orang ditempatkan di puskesmas, sisanya bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konawe,” bebernya. (b/adi).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy