Tertib Kelola Keuangan dan Raih WTP, Enam Daerah Dapat Penghargaan Menkeu – Kendari Pos
Sulawesi Tenggara

Tertib Kelola Keuangan dan Raih WTP, Enam Daerah Dapat Penghargaan Menkeu

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Baubau, AS Tamrin bahagia. Pada peringatan hari jadi Baubau ke-478 dan HUT Kota Baubau ke-18, Kamis (17/10), dia mendapat kado istimewa dari Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati. Melalui utusannya, Sri Mulyani memberikan penghargaan atas pencapaian WTP ke-4 oleh Pemkot Baubau dalam kendali AS Tamrin. Baubau tak sendiri, Pemkab Buton, Busel, Buteng, Butur dan Wakatobi mendapat penghargaan serupa. Namun hanya Bupati Buteng, Samahuddin yang hadir menerima penghargaan Menkeu. Pemkab lain hanya mengirim delegasinya.

Peringatan hari jadi Baubau ke-478 dan HUT Kota Baubau ke-18 di Kantor Walikota Baubau, Palagimata bertabur penghargaan yang diserahkan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra, Arif Wibawa. Enam pemda tersebut dinilai tertib mengelola penggunaan keuangan dan aset daerah. “Hari ini enam daerah kabupaten dan kota kita berikan penghargaan atas capaian opini WTP pengelolaan keuangan tahun anggaran 2018,” kata Arif Wibawa kepada Kendari Pos, Kamis (17/10).

Wali Kota Baubau, AS Tamrin (tiga dari kiri), Bupati Buteng, Samahuddin (tengah) dan para utusan Pemkab lainnya saat menerima penghargaan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani atas raihan WTP tahun anggaran 2018 usai pelaksanaan upacara HUT Kota Baubau, Kamis (17/10).

Arif mengingatkan enam daerah peraih WTP 2018 jangan lekas berpuas diri. Sebaliknya harus terus memacu diri menjadi terbaik dan mengikuti ketentuan dalam mengelola keuangan. “Kalau sudah dapat opini WTP, maka harus dipertahankan agar prestasinya tidak menurun,” ungkap pengganti Ririn Kadariyah itu.

Sementara itu, Wali Kota Baubau, AS Tamrin mengungkapkan, penghargaan dari Menkeu ini patut disyukuri karena Baubau konsisten dan taat mengelola keuangan sesuai peraturan. “Tentunya kita bangga karena meraih WTP ke-4 dan penghargaan ini adalah pengakuan atas prestasi kita,” ucapnya. AS Tamrin meminta seluruh perangkat OPD Pemkot Baubau tidak berpuas diri. “Ini adalah motivasi bagi pengelola keuangan untuk lebih meningkatkan kinerjanya. Jangan karena sudah dapat penghargaan lantas “tidur lelap”. Sebab, tentu ada catatan yang diberikan BPK yang harus dipenuhi,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Buteng Samahuddin mengaku optimis dapat mempertahankan opini WTP tahun anggaran 2019. “Kalau pengelolaan anggaran dan aset daerah kita baik maka akan berdampak baik pada pembangunan daerah,” ujarnya. Penghargaan yang diraih dari Kemenkeu akan menjadi pelecut semangatnya menata keuangan dan aset daerah.

Samahuddin lupa mengajak seluruh OPD Pemkab Buteng untuk meningkatkan kualitas kerja agar opini WTP diraih ke depannya.
“Tentu penghargaan dari Menkui ini menamabah semangat kerja kita agar WTP tahun 2019 kita raih lagi,” ungkapnya.

Rangkaian peringatan hari jadi Baubau dan HUT Kota Baubau berakhir kemarin. Peringatan itu dimaknai sebagai momentum perubahan. “Perubahan itu sebuah keniscayaan menuju ke arah yang lebih baik. Yaitu mewujudkan Baubau maju, sejahtera dan berbudaya dalam mengisi visi dan misi pemerintah menuju Baubau tertib, aman, maju, populer, indah dan lancar (Tampil) dari berbagai sektor,” kata Wali Kota Baubau, AS Tamrin.

Kerja keras dan kekompakan dari seluruh OPD dan dukungan masyarakat sangat diperlukan menuju perubahan. “Para pendahulu kita telah meletakan dasar pembangunan Kota Baubau. Sebagai generasi penerus, kita wajib melanjutkan dengan bekerja maksimal sesuai peran masing-masing,” terangnya.

Mantan Ketua Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) itu. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Roni Muhtar mengungkapkan Pemkot telah berupaya melakukan perubahan menuju Kota Baubau unggul, berbudaya dan sejahtera. Seluruh ASN mengerahkan kemampuannya melakukan pembangunan. “Sehingga menghasilkan prestasi. Hari ini, Baubau mendapat penghargaan atas raihan WTP ke-4 dan penghargaan PDAM sehat se-Sultra,” ujar Roni.(ahi/rud/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy