Terminal Rahabangga Konawe Belum Difungsikan – Kendari Pos
Konawe

Terminal Rahabangga Konawe Belum Difungsikan

Kondisi terminal Rahabangga yang berada di kecamatan Unaaha. Kendala anggaran, terminal itu sampai saat ini belum difungsikan pengoperasiannya.

KENDARIPOS.CO.ID — Terminal Rahabangga yang berlokasi di kecamatan Unaaha, sejatinya menjadi tempat transit mobil penumpang arah Kendari-Kolaka maupun sebaliknya. Dibangun sejak 2015 dengan anggaran Rp 2 miliar, impian pemerintah kabupaten (pemkab) Konawe meraup pendapatan asli daerah (PAD) lewat pengoperasian terminal tersebut belum begitu efektif.

Pantauan Kendari Pos, terminal tipe B itu seakan terbengkalai. Rumput liar memanjang dan menutupi semua permukaan tanah. Tumbuhan liar menjungkal ke atas dan menutupi beberapa sisi terminal rahabangga. Nyaris tak ada aktivitas menonjol selain kawanan sapi yang mengunyah rumput liar di terminal tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Konawe, Nuriadin mengatakan pihaknya tak bisa berbuat banyak dalam menangani persoalan yang terjadi di terminal rahabangga. Pasalnya, saat ini pengelolaan terminal tersebut bukan menjadi tanggung jawab pemkab Konawe, melainkan sudah diambil alih oleh pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra.

“Terminal rahabangga sudah menjadi aset provinsi. Bukan lagi kami yang mengelolanya. Boleh dikonfirmasi langsung ke pihak provinsi,” singkat Nuriadin dihubungi via selular, Rabu (23/10).

Ditemui terpisah, Kadishub Sultra Hado Hasina menjelaskan, belum difungsikannya pengoperasian terminal Rahabangga disebabkan instansinya terbentur ketiadaan biaya. Katanya, ia tak bisa berbuat banyak sebab sepengetahuannya, tahun 2019 penataan terminal rahabangga tak mendapat support anggaran dalam APBD Sultra.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy