Terkena Rocket, Oleh : Dahlan Iskan – Kendari Pos
Kolom

Terkena Rocket, Oleh : Dahlan Iskan

Dahlan Iskan

KENDARIPOS.CO.ID — Perang dagang sampai jauh ke basket. Juga ke pacuan kuda. Idem dito sepak bola. Ini gara-gara manajer klub basket Houston Rockets nge-tweet. Bunyinya: “Lawan demi kebebasan. Dukung pendemo Hongkong.” Yang nge-tweet adalah Daryl Morey, manajer Rockets. Jadi heboh besar di Tiongkok dan di NBA Amerika.

“Kalau ada pendemo membakar kereta bawah tanah di Houston apakah Anda juga Anda dukung?“ tulis Harian Rakyat Beijing –corong Partai Komunis yang memerintah Tiongkok.

Sponsor utama Rockets langsung memutus hubungan. Demikian semua co-sponsor perusahaan asal Tiongkok. Misalnya Tencent, Vivo, Xiaomi, dan Luckin Coffee (pesaing baru Starbucks di Tiongkok).

Taobao, marketplace milik Alibaba juga bereaksi. Langsung menghapus penjualan merchandise milik Rockets.Jutaan fans Rockets di Tiongkok juga ngamuk. Di medsos. Dengan bumbu yang lebih seru dari Twitter aslinya. Pertandingan persahabatan di Shanghai juga dibatalkan. Padahal dua tim NBA sudah siap-siap berangkat: LA Lakers dan Brooklyn Nets.

Media-media online di Tiongkok juga membatalkan siaran langsung NBA. Pun tidak ada siaran tunda. CCTV sudah mengumumkan tidak akan menyiarkan pertandingan NBA tahun depan. “Kalau sudah menyangkut kedaulatan, rakyat Tiongkok bersatu,” ujar Joseph C. Tsai, pemilik klub Brooklyn Nets.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy