Sudah Diresmikan, Pelabuhan Penyeberangan Raha-Pure Mulai Beroperasi – Kendari Pos
Muna

Sudah Diresmikan, Pelabuhan Penyeberangan Raha-Pure Mulai Beroperasi

KENDARIPOS.CO.ID — Mobilitas masyarakat yang bermukim di kawasan Muna Timur kini lebih lancar. Sabtu (26/10), dermaga pelabuhan penyeberangan Raha-Pure resmi beroperasi. Pelabuhan itu menjadi infrastruktur penting bagi konektivitas pelayaran dan perdagangan hasil bumi antara kawasan Muna Timur dan ibu kota Muna di Raha. Secara otomatis akan memberikan multiplier effect (dampak ganda) bagi perekonomian daerah.

Peresmian proyek senilai Rp 140 miliar itu dihadiri Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi dan Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae. Keduanya disambut Bupati Muna LM. Rusman Emba, Wakil Bupati Muna Malik Ditu dan Ketua DPRD Muna sementara La Saemua beserta wakilnya Cahwan di dermaga Lagasa, Kecamatan Duruka.

Bupati Muna LM. Rusman Emba menyebut pelabuhan itu menjadi jantung perekonomian Muna di wilayah yang berbeda pulau yakni Muna Timur dan Kota Raha. Hasil pertanian dan perikanan di lima kecamatan yakni Maligano, Batukara, Wakorumba Selatan, Pasir Putih dan Pasikolaga bisa langsung dijajakan di Raha. Petani tidak perlu harus ke Baubau maupun Kota Kendari.

“Selama ini justru di jual ke Baubau ataupun Kendari yang jaraknya sangat jauh dengan ongkos modal besar. Pelabuhan ini akan memudahkan transaksi ekonomi para petani kita Muna Timur,” jelasnya. Mantan Ketua DPRD Sultra memuji fasilitas pelabuhan yang dinilainya mewah dan lengkap. Pelataran parkir sangat luas dan akses ke pusat kota Raha juga dekat. Hanya saja, ia meminta Kemenhub mengganti kapal very yang beroperasi karena terlalu kecil dan tidak representatif. “Sayangnya very yang ada tidak sebanding dengan fasilitas dermaga. Kami harap diganti dengan yang lebih besar,” jelasnya.

(Ki-Ka) Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae, Bupati Muna LM. Rusman Emba, Dirjen Hubdat Budi Setiyadi dan Wakil Bupati Muna LM. Rusman Emba melangsungkan seremoni peresmian pelabuhan Raha-Pure, Sabtu 26 Oktober 2019.

Rusman menegaskan siap mengelola pelabuhan tersebut. Ia menjamin biaya perawatan secara rutin. Akses menuju pelabuhan juga akan dibenahi diantaranya dengan menyiapkan Rp2 miliar di APBD perubahan 2019 dan Rp2 miliar APBD 2020. ia memastikan, pelabuhan akan menggerakan perekonomian wilayah sekitar seperti Wapunto dan Lagasa. “Khusus jalan tinggal 700 meter yang akan diaspal 2020 nanti,” urainya.

Dirjen Hubdat, Budi Setiyadi mengungkapkan pelabuhan itu memiliki dua dermaga dengan fasilitas lengkap yakni di Pure Kecamatan Wakorumba Selatan dengan nilai Rp70 miliar dan Lagasa, Kecamatan Duruka Rp72 miliar. Pembangunannya dimulai 2017 dengan sistem penganggaran multiyears. Ia menyebut, Pemkab Muna harus merawat fasilitas pelabuhan dengan baik.

“Dikelola sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat,” jelasnya. Budi Setiyadi juga meyahuti permintaan Rusman Emba untuk kapal very dengan kapasitas besar. Ia mengupayakan bantuan itu pada 2020 mendatang. Dalam kesempatan itu, Budi juga mengungkap peran Ridwan Bae yang paling getol memperjuangkan anggaran ke daerah. Ia meminta Rusman dan Ridwan berkolaborasi agar APBN lebih banyak mengalir ke Muna. “Pesan saya ialah manfaatkan untuk perekonomian dan pelayanan masyarakat. Terutama aspek keselamatan pelayaran diperhatikan,” paparnya.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae menyebut kehadiran pelabuhan very tersebut merupakan buah pembangunan yang sudah ia letakan sejak memimpin Muna. Hasil reklamasi pantai Lagasa kini berdiri pelabuhan yang ia nilai tak akan mampu dibangun Pemkab dengan hanya mengandalkan APBD. Makanya ia fasilitas itu dijaga dengaj baik. Terpenting, harus ada efek ekonomi terhadap masyarakat sekitar. “Rusman harus pintar mengelola pelabuhan ini agar masyarakat merasakan manfaat lebih dari sekedar jalur perhubungan laut,” imbuhnya. (b/ode)

Proyek Penyebarangan Muna-Muna Timur Rp 140 Miliar


Dermaga dan Fasilitas di Pure Rp 70 Miliar
Dermaga dan Fasilitas di Lagasa Rp Rp 72 Miliar.
Biaya Perawatan dan Pembenahan Rp 2 Miliar di APBD-P 2019
Alokasi Biaya Perawatan dan Pembenahan Rp 2 Miliar di APBD 2020
Perbaiki Akses Jalan 700 meter Tahun 2020.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top