Rusman Emba Harap Legislator Baru Lebih Harmonis – Kendari Pos
Politik

Rusman Emba Harap Legislator Baru Lebih Harmonis

Bupati Muna LM. Rusman Emba (kedua dari kanan) berpose bersama Ketua DPRD Muna Terpilih, La Saemuna (kedua dari kiri) usai rapat paripurna, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — 30 Anggota DPRD Kabupaten Muna periode 2019-2024 resmi dilantik, Rabu (16/10) hari ini. Wajah baru wakil rakyat itu ikut menentukan arah kebijakan anggaran daerah lima tahun mendatang. Bupati Muna LM. Rusman Emba berharap hubungan eksekutif dan legislatif lebih harmonis. Ia berharap program kerjanya tidak dijegal.

Hubungan Pemkab dan DPRD Muna periode 2014-2019 memang tak selalu mulus. Dinamikanya kerap menimbulkan perbedaan sudut pandang yang tajam. Beberapa kali Dewan tak sejalan dengan program Pemkab bahkan hingga ancaman pembentukan panitia khusus. Diantara yang sempat mencuat ke publik ialah pro kontra proyek Kota Baru Motewe, pinjaman daerah dan honorer siluman.

Motewe yang menjadi program strategis daerah sempat ditolak dengan alasan belum dilengkapi dokumen analisis dampak lingkungan. Pinjaman daerah yang diusulkan sejak 2018 hingga 2019 juga memicu perdebatan panjang terutama ihwal mekanisme pengembalian dan alokasi pinjaman. Dewan juga pernah mengancam akan membentuk Pansus untuk mengusut kisruh honorer yang menyedot APBD hingga Rp 45 miliar.

Rusman mengakui silang pendapat itu kerap menimbulkan masalah. Ia berharap, para legislator baru lebih bersinergi dengan Pemkab Muna. “Kalau semangatnya untuk kepentingan masyarakat, saya pikir tidak akan ada perbedaan pendapat” katanya, Selasa (15/10). Rusman menyebut, tugas DPRD meliputi tiga hal yakni fungsi anggaran, legislasi dan pengawasan. Ia meminta, DPRD dapat hadir memberi pandangan konstruktif terkhusus soal pembangunan kemasyarakatan.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy