Remaja Kolaka Penyebar Konten Asusila Ditangkap – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Remaja Kolaka Penyebar Konten Asusila Ditangkap

KENDARIPOS.CO.ID — MR (19), tak bekutik dijemput oleh di Tim Elang Satuan Reserse Kriminal Polres Kolaka di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Latambaga, Kecamatan Latambaga. Ia diamankan karena diduga telah menyebarkan konten asusila di sosial media (Sosmed).
Paur Subbag Humas Polres Kolaka Bripka Riswandi mengungkapkan, penangkapan terhadap MR berawal dari hasil patroli cyber. Hasilnya, polisi menemukan unggahan video di akun Facebook milik MR yang diduga memuat konten-konten yang dilarang oleh undang-undang informasi dan transaksi elektronik (ITE) yaitu konten asusila.

“Sosmed milik MR terlihat sebuah tayangan video berdurasi 30 detik yang diunggah pada tanggal 14 Oktober 2019 pukul 08.13 wita. Video tersebut sangat tak layak untuk didistribusikan ke ruang publik karena mengandung konten pornografi. Video itu mempertontonkan adegan tak pantas yang dilakukan seorang pria dan wanita didalam sebuah mobil. Video itu telah ditonton sebanyak 7.721 kali tayangan,” ungkapnya.

Lanjut Riswandi, video yang disebarkan oleh MR mengakibatkan keresahan bagi warganet. Apalagi kata dia pengguna sosmed tak hanya dari kalangan orang dewasa saja, namun juga dari kalangan anak-anak. Adapun upaya hukum selanjutnya yang dilakukan yaitu pemeriksaan terhadap saksi-saksi serta saksi ahli guna memenuhi unsur penyidikan perkara penyebaran konten Asusila di sosmed.

Polisi menyita satu unit handphone milik MR. Pelaku dijerat dengan pasal 45 ayat (1) undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama lima tahun. (fad/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy