PT. Vale Masih Ingkar Janji : Gubernur Desak Bangun Smelter Tahun 2020 – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

PT. Vale Masih Ingkar Janji : Gubernur Desak Bangun Smelter Tahun 2020

Ali Mazi

KENDARIPOS.CO.ID — Empat tahun lalu, PT.Vale berjanji akan membangun pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) nikel. Sampai kini, janji itu tak kunjung ditunaikan. PT.Vale memilih ingkar janji. Padahal kehadiran smelter itu sangat diharapkan masyarakat Kolaka, karena tenaga kerja akan terserap di sana. DPRD Kolaka dan kelompok massa unjuk rasa pernah meminta PT.Vale angkat kaki jika masih ingkar janji.

Jenuh mendengar janji-janji manis manajemen PT.Vale, Gubernur Sultra, Ali Mazi mendesak korporasi itu membangun smelter tahun 2020. Sebelum tahun 2020, perusahaan modal asing itu harus mengawali dengan melakukan groundbreaking (peletakan batu pertama) pabrik smelter. Sebelum terbang ke Amerika, dua hari lalu, Ali Mazi menuturkan kecewa dan kesal terhadap sikap dan jani direksi serta manajemen PT. Vale. Mereka selalu berjanji namun belum ada realisasi. “Kita sudah bertemu dua sampai empat kali, kalau tidak salah. Dalam pertemuan itu, mereka selalu bilang siap, dan kini masih dalam tahap persiapan,” ujar Ali Mazi.

Ali Mazi mengungkapkan manajemen PT.Vale mencoba meyakinkan bahwa sedang berkoordinasi dengan mitranya untuk membangun smelter tersebut. “Katanya mitranya sudah siap. Tapi, kenyataannya belum ada realisasi sampai saat ini. Tidak ada kejelasan,” kesalnya.

Gubernur Sultra menegaskan PT.Vale harus merealisasikan janjinya untuk membangun smelter. Pemprov Sultra akan mengawal janji itu agar terealisasi. “Kalau tidak bangun (smelter), kita yang rugi. Kita akan mengundang kembali mereka untuk memastikan pembangunan smelter tersebut. Paling tidak, sebelum 2019 berakhir PT. Vale sudah harus menunjukan progresnya. Minimal groundbreaking, jika tidak maka nanti akan jadi masalah,” ancam Ali Mazi.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy