Program Satu Data akan Diwujudkan di Sultra – Laman 2 – Kendari Pos
Metro Kendari

Program Satu Data akan Diwujudkan di Sultra

Dia mengatakan, saat ini data lebih berharga dari minyak. Oleh karena itu, kedaulatan data harus diwujudkan. Hak warga negara atas data pribadi harus dilindungi. Regulasinya harus segera disiapkan, tidak boleh ada kompromi. “Ini bukan kata saya, tapi pesan Pak Presiden dalam pidatonya beberapa waktu lalu. Makanya data ini harus benar-benar kita rangkum menjadi sebuah kekayaan dan modal pembangunan kita,” katanya.

Kalau zaman dulu, kata dia, data hanya berasal dari sensus, survei, dan registrasi. Akan tetapi saat ini pola itu mulai berkembang. Sumber data juga berasal dari data administratif, data digital komersial atau transaksional, perangkat pelacakan GPS, data prilaku dan data opini. “Jadi kesimpulan, kita semua diminta hilangkan ego sektoral karena Datamu adalah Dataku dan Dataku adalah Datamu,” ujarnya.

Tujuan Satu Data Indonesia (SDI), lanjut dia, adalah memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi pusat dan instansi daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data. Mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antara instansi pusat dan daerah. Mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data. Mendukung Sistem Statistik Nasional (SSN) sesuai perturan perundang undangan. (lyn/b)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy