Program Isbat Nikah Gratis, Rajiun Legalkan “Status” Seribuan Pasutri – Kendari Pos
Muna Barat

Program Isbat Nikah Gratis, Rajiun Legalkan “Status” Seribuan Pasutri

KENDARIPOS.CO.ID — Persoalan ekonomi dan ketidaktahuan menjadi penyebab banyak pernikahan di Muna Barat (Mubar) tidak tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA). Di otorita LM Rajiun Tumada diperkirakan 3 ribuan pasangan yang belum memiliki buku nikah. Mereka lebih memilih menikah secara agama. Meski tidak ada larangan, namun pernikahan tersebut belum diakui negara. Bila terjadi perselisihan atau perceraian, mereka tidak bisa mengurus administrasi kependudukan maupun menuntut hak atas harga.

Di bawah kendali LM Rajiun Tumada-Achmad Lamani, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mubar gencar membantu pasangan yang belum diakui negara melalui progam nikah gratis. Tahun ini, sebanyak 350 pasangan yang mengikuti isbat nikah. Namun secara keseluruhan, sekitar seribu pasangan yang telah memiliki buku nikah.

Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada mengatakan isbat nikah merupakan program yang dilaksanakan pemerintah untuk membantu masyarakat, khususnya yang belum mendapatkan buku nikah. Bagi masyarakat yang sudah menikah secara agama dan mempunyai anak, tidak bisa membuat akta kelahiran, karena tidak mempunyai buku nikah.

“Ada 350 pasangan yang mengikuti isbat nikah tahun ini. Program ini diadakan oleh penerintah bekerja sama dengan Pengadilan Agama Raha dan Kementerian Agama (Kemenang) Mubar. Sidang isbat ini dilaksanakan di lima wilayah yakni di Kecamatan Lawa, Barangka, Sawerigadi, Kusambi dan Napano Kusambi,” ungkapnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy