Prodia Kendari Layani Pemeriksaan Kesehatan Tulang – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Prodia Kendari Layani Pemeriksaan Kesehatan Tulang

Masyarakat tampak antusias memeriksakan kesehatannya di Prodia Kendari, Sabtu (5/10) lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Tulang keropos atau osteoporosis, merupakan penyakit tak bergejala dan berlangsung lama yang disebabkan oleh hilangnya kepadatan tulang secara perlahan-lahan. Bila tidak dideteksi dan diobati lebih awal, tulang menjadi semakin lemah dan lebih rapuh, sehingga lebih rentan mengalami patah tulang. Patah tulang sebagai akibat osteoporosis dapat menimbulkan nyeri, bahkan kematian dan membutuhkan biaya pengobatan yang tinggi.

Customer Care Prodia Kendari, Novita Ayu mengungkapkan, kebiasaan minum alkohol dan merokok, kemudian kurangnya asupan kalsium dan vitamin D, kurang aktivitas fisik, dan lain-lain membuat laki-laki memiliki risiko osteoporosis sama seperti perempuan.

“Di samping itu, gangguan makan dan latihan fisik berlebihan seperti pada perempuan muda yang aktif berolah raga, balet, senam, dan lain-lain yang sangat mementingkan berat badan rendah, membuat perempuan muda pun tak lepas dari risiko osteoporosis,” ungkapnya, Sabut (5/10) lalu.

Nah, karena itu, kata Novita, penilaian risiko osteoporosis akan menjadi lebih baik jika dilengkapi dengan pemeriksaan kesehatan tulang, dan hal ini salah satunya melalui pemeriksaan penanda biokimiawi tulang. “Penanda biokimiawi tulang adalah pemeriksaan darah yang mampu menilai aktivitas pembentukan dan pembongkaran tulang, serta keseimbangan antara kedua aktivitas tersebut,” jelasnya.

Pemeriksaan penanda biokimiawi tulang, lanjut Novita, mencakup C-Telopeptode (CTx) dan N-MID Osteocalcin. Pemeriksaan C-Telopeptode (CTx) bermanfaat untuk menilai pembongkaran (resorpsi) tulang, sedangkan N-MID Osteocalcin mampu menilai pembentukan tulang.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top