Pilkada 2020, Bawaslu Optimalkan Pengawasan – Kendari Pos
Politik

Pilkada 2020, Bawaslu Optimalkan Pengawasan

Kordiv Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin (tengah, batik kuning) berfoto bersama komisioner dan staf Humas Bawaslu kabupaten/kota se-Sultra dalam kegiatan pelatihan penulisan berita pengawasan Pemilu.

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam mengoptimalkan pengawasan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 yang tahapannya telah dimulai, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar pelatihan peliputan dan penulisan berita pengawasan Pemilu. Kegiatan yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia tersebut diikuti para komisioner dan staf Humas Bawaslu. Dalam kegiatan pelatihan yang digelar di Sulawesi Tenggara (Sultra), turut hadir anggota Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin.

Kordiv Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu Sultra, Munsir Salam, mengatakan, kehadiran Afifuddin tersebut untuk memberikan pengarahan terkait dua hal. Pertama, mengenai persiapan pengawasan pada tujuh kabupaten/kota di Sultra yang akan menyelenggarakan Pilkada. Kedua, Afifuddin yang juga sebagai Kordiv Kehumasan Bawaslu RI, memberikan penguatan tentang pentingnya publikasi hasil pengawasan. “Apa yang dilakukan pengawas Pemilu penting diketahui masyarakat. Ini tentu butuh peliputan dan penulisan berita yang baik. Sehingga dilakukan pembekalan dengan menghadirkan narasumber yang merupakan praktisi jurnalis dan pers di Sultra,” ujar Munsir Salam.

Selaku komisioner yang bertanggung jawab di bidang pengawasan, Munsir berjanji memaksimalkan pengawasan pada Pilkada kali ini. Publikasi hasil-hasil pengawasan Pemilu akan dilakukan agar masyarakat bisa turut andil mengawasi Pemilu sekaligus kinerja Bawaslu. Melalui publikasi, ia berharap masyarakat bisa lebih mudah diajak berpartisipasi dalam melakukan pengawasan. Masyarakat juga akan mengetahui apa saja yang dilakukan oleh lembaga yang memiliki peran sentral dalam Pilkada itu.

Dijelaskannya, Bawaslu akan mengutamakan tindakan pencegahan pelanggaran. Pencegahan yang dimaksud hanya bisa dilakukan jika seluruh elemen masyarakat ikut berpartisipasi. “Ada pendekatan-pendekatan khusus bagaimana melakukan pencegahan itu,” pungkasnya. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top