Perpres Wajib Bahasa Indonesia Diteken – Kendari Pos
Nasional

Perpres Wajib Bahasa Indonesia Diteken

Presiden Jokowi meneken Perpres 63/2019 pada 30 September 2019 dan diundangkan pada hari yang sama. Perpres 63/2019 ini merupakan aturan lebih lanjut dari UU 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

KENDARIPOS.CO.ID — ‘Lobby Gondangdia Opening Hours Sunday-Monday..’ bunyi pengumuman itu tertulis dengan jelas di pintu masuk salah satu pusat perbelanjaan di area Menteng, Jakarta Pusat. Pengumuman yang di tulis dalam Bahasa Inggris itu juga tampak di salah sudut gerai kopi ternama juga tertulis pengumuman yang sama.

Pada area antrian kasir terdapat papan petunjuk dwi bahasa, Bahasa Inggris dan Indonesia. ‘Queuing starts here’ (harap mengantri dari sini). Model pengumuman dalam Bahasa Inggris seperti itu ke depan akan semakin sulit ditemukan.

Gedung-gedung pemerintah, swasta, ruang publik, petunjuk jalan, dan sebagainya diwajibkan memakai Bahasa Indonesia. Keharusan itu berdasarkan Perpres 63 Tahun 2019 yang ditandatangani Presiden Jokowi.

Dalam pasal 33 ayat 2 merinci kawasan yang wajib berbahasa Indonesia, termasuk area perdagangan. “Kami belum tahu ada aturan itu, kami (pusat perbelanjaan) belum bertemu lagi bahas perpres itu,” ungkap Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat, Minggu (13/10).

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy