Peras Kepala Sekolah di Buton, KPK Gadungan Dibekuk – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Peras Kepala Sekolah di Buton, KPK Gadungan Dibekuk

KENDARIPOS.CO.ID — Nama besar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) digunakan Soleh (44) untuk meraup keuntungan. Menyebut dari salah satu penyidik lembaga anti rasuah, warga asal Banyuwangi itu diduga memeras Kepala SD 1 Lapodi, Pasarwajo bernama La Imanta. Belum menikmati duit, Soleh terjaring operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan aparat Polres Buton di depan Kantor BRI Pasarwajo saat akan transaksi duit, Jumat (18/10). Sedangkan dua rekannya melarikan diri.

Kapolres Buton AKBP Agung Ramos P Sinaga mengungkapkan, pelaku melakukan aksi pemerasan dan penipuan kepada sejumlah kepala sekolah yang ada di Pasarwajo. SL mengancaman pihak sekolah akan membawa ke jalur hukum jika tidak melengkapi data-data pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah (BOS) tahun 2014. “Pelaku menggunakan surat tugas khusus sebagai tim KPK guna melancarkan aksinya, namun surat tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan” ujar Kapolres Buton, AKBP Agung Ramos P Sinaga saat konferensi pers di ruang media senter Humas Polres Buton, Sabtu (19/10).

Kapolres Buton AKBP Agung Ramos P Sinaga (tengah) menunjukan barang bukti kasus penipuan dan pemerasan, Sabtu (19/10).

Agung menjelaskan SL tidak sendirian melakukan aksinya. SL dibantu dua rekannya yang sudah lebih dulu melarikan diri ke Bali dengan membawa sisa uang hasil penipuan sebesar Rp 10 juta dari SMAN 1 Pasarwajo. “SL dan timnya telah mendatangi beberapa sekolah di Pasarwajo, di antaranya SMA 1 Pasarwajo, SMA Wabula, dan SD 1 Lapodi. Pelaku dan barang buktinya kita sudah amankan dan akan dilakukan pengembangan dan pemeriksaan lebih lanjut, termasuk dua orang pelaku yang telah melarikan diri,” jelasnya. Polisi menyita uang Rp 3,2 juta, identitas KPK, lencana KPK illegal, handphone dan KTP pelaku. Atas perbuatannya pelaku akan disangkakan pasal 368 ayat (1) KUHP dengan ancaman penjara maksimum 9 tahun. (mel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy