Pemprov Sultra Sukses Lelang 473 Paket, 11 Proyek Gagal – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemprov Sultra Sukses Lelang 473 Paket, 11 Proyek Gagal

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Badan Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) melelang 484 paket proyek tahun 2019. Sebanyak 473 paket berhasil dilelang, hanya 11 paket proyek gagal menemukan pemenang tender. Penyebabnya, beberapa perusahaan yang ikut proses tender, tidak sesuai dengan kategori yang dilelang dalam Rencana Umum Pengadaan (RUP) tahun 2019 dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala BPBJ Setda Sultra, Rony Yakob La Ute mengatakan sejatinya dari proses lelang yang gagal, maka proyek itu dilelang lagi. Namun tetap saja tidak berhasil menemukan pemenang tender. Sebenarnya akan dilakukan penunjukkan langsung untuk pemenang tendernya, tetapi karena waktu sudah habis maka 11 paket tersebut dinyatakan gagal tender. “Sebanyak 11 paket gagal temukan pemenang tender itu berasal dari dua OPD lingkup Sultra. Rinciannya Dinas Kehutanan sebanyak 5 paket dan Dinas Kelautan sebanyak 6 paket,” ungkap mantan Pj bupati Muna Barat itu.

Untuk paket yang gagal, karena berasal dari dari dana alokasi khusus (DAK) maka tidak akan dilakukan tender ulang di tahun berikutnya. 11 proyek ini bukan berasal dari APBD murni, sehingga tidak akan diulang tahun depan, hangus secara otomatis. “Ketika DAK tidak diserap saat lelang maka anggarannya akan ditarik secara otomatis oleh pusat, sebab dianggap tidak digunakan. Berbeda dengan APBD murni, bila tidak terserap dalam lelang tahun ini, bisa dilakukan lelang lagi tahun berikutnya,”jelasnya.

Jenis pekerjaan proyek yang dilelang itu beragam, di antaranya pengadaan barang, konsultasi, kontruksi dan jasa lainnya. Semua bisa dilihat melalui situs lelang resmi. Apalagi saat ini semua sistem lelang terbuka dan transparan, masyarakat bisa dengan leluasa melihat proses tender. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy