Pemprov Dorong Pemanfaatan Aspal Buton – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemprov Dorong Pemanfaatan Aspal Buton

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra terus genjot pengembangan aspal Buton. Keseriusan itu ditunjukan dengan rencana penetapan wilayah Lawele dan Kabungka, Kabupaten Buton menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK) untuk memanfaatkan aspal Buton. Tercatat 41 izin usaha pertambangan (IUP) yang melakukan eksplorasi aspal Buton, namun hanya enam yang aktif.

Asisten I Pemprov Sultra, Sarifuddin Safaa mengatakan rencana menetapkan Buton sebagai KEK merupakan tindak lanjut dari pertemuan Gubernur Sultra Ali Mazi dan Kementerian Koordinator Kemaritiman guna pemanfaatan aspal Buton.

“Pemerintah berharap segala pengelolaan aspal di Buton dapat terintegrasi dibawah koordinasi Pemprov untuk mengatur produksinya dan pemasarannya. Dengan begitu aspal itu dimanfaatkan dan bisa laku serta tentu bisa menasional,” tuturnya usai melakukan rapat bersama Dinas ESDM Sultra dan Wakil Bupati Buton Iis Eliyanti, kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas ESDM Sultra Buhardiman menjelaskan aspal Buton memiliki potensi sebesar 663 juta ton. Sedangkan kapasitas kebutuhan nasional itu 1,2 juta sampai 2 juta ton pertahun. Dari angka itu hampir setengah atau 500 ribu ton negara melakukan impor aspal.

“Artinya kalau impor devisa terkuras. Sadar memiliki potensi, pemerintah pusat kini menaruh harapan terkait pemanfaatan aspal Buton secara nasional. Karena dengan pemanfaatan aspal Buton itu bisa lebih ekonomis, menghemat 20-30 persen dibanding aspal minyak yang kita impor,” terangnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy