Pemkab Konkep Tambah Anggaran BPJS jadi Rp2,3 Miliar – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Pemkab Konkep Tambah Anggaran BPJS jadi Rp2,3 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Niat pasangan Amrullah-Andi Muhamad Lutfi menjamin kesehatan warganya tak perlu diragukan. Tiap tahun, anggaran yang dialokasikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) untuk membayar klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terus meningkat. Tahun 2020, Pemkab menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,3 miliar. Duet berakronim Beramal ini berusaha merekrut warga Konkep yang belum tercover dalam program jaminan kesehatan nasional (JKN).

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Konkep, Alno Berniat Sanaampe mengatakan anggaran BPJS dalam kurun waktu tiga tahun terus meningkat. Bila tahun 2017 hanya sebesar Rp 500 juta, tahun 2018 naik lebih dua kali lipat menjadi Rp 1,2 miliar. Tahun ini, pemerintah awalnya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,6 miliar. “Kita telah menambah anggaran BPJS. Dananya diambil dari cukai rokok Rp 175 juta. Pasalnya, Konkep sudah ada peraturan daerah (Perda) rokok. Jadi sekitar Rp 1,7 dana yang dialokasikan untuk yang dijamin kesehatannya pakai dana daerah,”ujar Alno Berniat Sanaampe saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (21/10).

Saat ini kata sebanyak 7.068 warga di Bumi Wawonii yang kesehatannya ditanggung APBD Konkep. Sementara 30 ribuan warga lainmya menjadi tanggungan pemerintah pusat dan Pemprov Sultra. “2020, anggaran untuk BPJS kembali kita tambah diangka Rp 2,3 miliar. Ini bentuk komitmen Bupati Konkep, H. Amrullah dalam menjamin kesehatan warganya,” katanya.

Alno, sapaan kirab Alno Berniat Sanaampe menghimbau, bagi warga yang belum memiliki BPJS, untuk segera mengurus kartu keluarga agar kartu jaminan kesehatan itu bisa dimiliki. “Bupati tidak main-main dengan kesehatan gratis warganya. Mulai dari biaya hingga pembenahan sarana prasarana dia selalu suport. Jadi tidak ada alasan warga yang tidak mendapat pelayanan kesehatan. Tinggal kesadaran masyarakat sendiri. Tapi paramedis sudah kita wanti-wanti untuk selalu mobail di desa-desa untuk mengunjungi warga berikan pelayanan kesehatan,” tandas Alno.(b/san)

Anggaran BPJS Tiap Tahun
2017 Rp 500 Juta
2018 Rp 1,2 Miliar
2019 Rp 1,7 Miliar
2020 Rp 2,3 Miliar
Sebanyak 7.068 Warga yang Tercover

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy