Pemkab dan Dekranasda Muna Berkolaborasi Promosi Tenun Masalili – Laman 2 – Kendari Pos
Nasional

Pemkab dan Dekranasda Muna Berkolaborasi Promosi Tenun Masalili

Erni mengaku bisa meraup omzet Rp.7 juta per bulan lewat penjualan online maupun offline, pembeli langsung mendatangi tokonya di Jalan Poros Raha Masalili, Desa Masalili, Kecamatan Kontunaga, Muna. “Itu pendapatan kotor, kalau untung bersih tidak banyak,” jelasnya.

Erni menjelaskan, penjualan kain tenun mulai naik sejak menjalin kerja sama dengan Cita Tenun Indonesia sejak tahun 2013. Namun diakuinya pamor tenun Masalili meningkat seiring kerja sama Pemkab Muna bersama Bank Indoensia. Teranyar, pada 2019 ini tenun Masalili tampil dalam fashion show di Kendari, Jakarta, Perancis dan Rusia. “Sekarang mulai dikenal, tapi peningkatan penjualan belum signifikan. Hanya saja kami sudah sering kirim ke Jakarta di galeri Cita Tenun,” paparnya.

Selain Sitti Erni, rekan sesama penenun di Desa Masalili Kecamatan Kontunaga mencapai 300 orang. Ada tujuh kelompok dengan enam toko penjualan, diantaranya BUMDes Kreatif, Agung Tenun dan Rumah Tenun Wa Ode Ngkululi. Dalam sebulan setiap penenun bisa memroduksi tiga lembar kain yang selalu habis terjual. Selain kain, tenun Masalili juga dikreasi menjadi selendang, baju, celana, tas dan kampurui (ikat kepala). Sistem pemasaran dilakukan masing-masing penenun. Namun ada pula yang menitipkannya ke toko milik kelompok tenun. Hasil penjualan kain tenun itu cukup menghasilkan perputaran ekonomi hingga Rp.100 juta per bulan. “Itu angka rata-rata saja. Sebenarnya fluktuasi, tergantung momen. Tetapi belum termasuk desa lain,” sambungnya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy