Pemilik IUP Kelabui ESDM, Punya Kantor di Sultra Tapi Hanya Akal-akalan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Pemilik IUP Kelabui ESDM, Punya Kantor di Sultra Tapi Hanya Akal-akalan

KENDARIPOS.CO.CO.ID — 20 pemilik izin usaha pertambangan (IUP) berpura-pura patuh pada titah Gubernur Sultra, Ali Mazi. Komitmen mendirikan kantor pusatnya di Sultra hanya sandiwara. Pemilik IUP melampirkan alamat kantor mereka di Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang berada di Kota Kendari, Kolaka, Kolut dan Baubau.

Lima perusahaan berbeda mencantumkan satu alamat kantor yang sama. Umumnya berada di Jalan Komjen Pol M.Jasin No.88 Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu. Tepatnya di belakang kantor Polda Sultra.

Penelusuran Kendari Pos menemukan fakta mengejutkan. Tak ada aktivitas layaknya kantor perusahaan besar yang mengurusi tambang. Hanya terlihat seperangkat kursi dan meja tanpa satu pun pegawai beraktivitas. Lima perusahaan punya satu kantor ini hanyalah akal-akalan untuk mengelabui ESDM Sultra demi menghindari sanksi.

Permintaan Ali Mazi agar pemilik IUP berkantor pusat di Kendari dan NPWP setiap perusahaan tambang di pindahkan ke Sultra sebagai bentuk optimalisasi dan peningkatan pendapatan daerah disektor pertambangan. Namun faktanya, 20 perusahaan yang terdaftar mendirikan kantor di Sultra, sebagian justru dinilai akal-akalan.

Plt. Kepala Dinas ESDM Sultra, Buhardiman menepis lima perusahaan berada dalam satu kantor itu sebagai akal-akalan. Ia menegaskan bahwa pihaknya serius untuk menjalankan perintah gubernur demi kemajuan daerah. “Ini terus berproses. Dan kita pastikan bahwa kebijakan perusahan tambang untuk berkantor dan NPWP di Sultra itu harus dijalankan oleh setiap perusahaan,” ujarnya, kemarin.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy