Pemda Muna Gagal Kebagian Dana Investasi Daerah – Kendari Pos
Muna

Pemda Muna Gagal Kebagian Dana Investasi Daerah

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Muna tahun 2020 ditetapkan senilai Rp1,2 triliun. Nota keuangan itu tak banyak memiliki sumber pendapatan baru. Salah satunya yang gagal dipertahankan Muna ialah alokasi Dana Investasi Daerah (DID).

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muna, Amrin Fiini menyebutkan jika tahun ini pendapatan dari alokasi DID nihil atau tidak ada sama sekali. Padahal tahun 2019 lalu alokasi tersebut menyumbang pendapatan APBD sebesar Rp22 miliar. “Tahun ini kita gagal dapat DID. Padahal itu salah satu sumber pendapatan yang lumayan,” jelasnya.

DID merupakan dana transfer dari pusat yang bersumber dari APBN. Dana itu diberikan kepada daerah yang memiliki manajemen keuangan baik dan tepat waktu. Ada dua indikator penilaian yakni laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) dan proses penyusunan APBD yang tepat waktu. “Penilaian LKPD itu diukur dari predikat WTP atau tidak. Sementara syarat kedua itu berkaitan apakah daerah mengesahkan APBD tepat waktu sebelum 31 Desember atau tidak,” jelasnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top